Pengertian dan Fungsi NPWP

 Pengetahuan

NPWP, bukanlah sesuatu yang asing di kalangan anda, khususnya untuk anda yang menggeluti dunia perpajakan. Tapi pahamkah anda dengan pengertian dan fungsi NPWP? Simaklah pembahasan kali ini untuk menambah pengetahuan anda, karena penulis yakin, tidak semua orang mengerti dengan pengertian dan fungsi NPWP.

Artikel kali ini dibuat dengan judul pengertian dan fungsi NPWP. Mungkin anda sudah tahu jika NPWP merupakan kepanjangan dari Nomor Pengguna Wajib Pajak. Tapi, apa maksud dan pengertiannya? NPWP ( Nomor Pengguna Wajib Pajak ) adalah sarana yang diberikan berupa nomor kepada wajib pajak untuk melaksanakan hak dan kewajibannya di bidang perpajakan. Hak dan kewajiban perpajakan telah diatur daalam SURAT EDARAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK  NOMOR SE – 41/PJ./2003  TENTANG  BUKU PANDUAN HAK DAN KEWAJIBAN WAJIB PAJAK. Seseorang yang memiliki NPWP ( Nomor Pengguna Wajib Pajak ), biasanya mereka yang sudah memiliki pekerjaan tetap, atau badan usaha yang harus dan wajib membayarkan pajak nya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dan sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya kita menaati aturan pemerintah yang salah satunya adalah melakukan pembayaran pajak secara rutin. Dalam pengertiannya, NPWP ( Nomor Pengguna Wajib Pajak ) memiliki beberapa manfaat, diantaranya :

5
Dengan memiliki NPWP ( Nomor Pengguna Wajib Pajak ), mempermudah seseorang untuk melakukan kewajibannya dalam pembayaran pajak kepada pemerintah.
NPWP ( Nomor Pengguna Wajib Pajak ) merupakan sarana / tempat untuk administrasi perpajakan
Dengan memiliki NPWP ( Nomor Pengguna Wajib Pajak ), seseorang memiliki identitas legal untuk melaksanakan wajib pajak, dan untuk melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara yang baik
NPWP ( Nomor Pengguna Wajib Pajak ) berfungsi untuk menjaga ketertiban dalam membayar pajak, sehingga tidak terjadi kekacauan saat seseorang hendak membayar pajak

NPWP ( Nomor Pengguna Wajib Pajak ) berfungsi untuk mengawasi administrasi perpajakan
Dengan memiliki NPWP ( Nomor Pengguna Wajib Pajak ), seseorang akan dicantumkan dalam setiap dokumen perpajakan.
NPWP ( Nomor Pengguna Wajib Pajak ) mempermudah seseorang untuk melakukan pembayaran pajak angsuran atas fiscal luar negeri yang dibayar ketika seorang wajib pajak bertolak ke luar negeri.

Sudahkah anda mempunyai NPWP ( Nomor Pengguna Wajib Pajak )? Sudah atau belum anda mempunyai NPWP ( Nomor Pengguna Wajib Pajak ), anda sebagai warga negara yang baik tetap berkewajiban membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang telah berlaku. Karena pajak merupakan uang yang kita keluarkan dan akan kita pergunakan kembali setelah diolah oleh pemerintah. Bagaimana? Sudah kah anda mengerti tentang pembahasan pengertian dan fungsi NPWP kali ini? Penulis rasa, pembahasan kali ini cukup. Semoga pembahasan kali ini membuka dan menambah ilmu serta wawasan pembaca, sehingga anda tidak bingung lagi jika ditanya tentang pengertian dan fungsi NPWP. Penulis juga berharap semoga kata – kata dalam artikel kali ini memacu anda untuk mencari tahu bentuk kata yang terbilang teka – teki, sehingga dengan pencarian tersebut, ilmu anda juga akan bertambah.

Related Posts