Manfaat Kuning Telur bagi Kesehatan

 Kesehatan

Sejak dulu telur sudah dipercaya sangat baik bagi kesehatan. Di dalam telur terdapat dua bagian yang biasa disebut dengan putih telur dan kuning telur. Dalam pembahasan kali ini, kita akan terfokus pada bagian kuning telur. Kebanyakan orang menghindari konsumsi kuning telur karena dianggap terlalu banyak mengandung lemak dan kalori, khususnya bagi mereka yang menderita penyakit jantung dan kolesterol. Namun, tak banyak yang tahu bahwa di dalamnya juga terkandung berbagai senyawa aktif yang membuat manfaat kuning telur bagi kesehatan tak kalah banyaknya dengan putih telur. Kuning telur adalah bagian telur yang merupakan makanan dari embrio. Di dalam cangkang telur, kuning telur berada di tengah atau terapung di antara putih telur.

Telur yang berkhasiat dan lebih aman untuk kesehatan adalah telur ayam kampung karena bebas dari zat-zat kimia berbahaya yang biasanya disuntikkan ke dalam telur ayam horen. Kuning telur bisa dimanfaatkan dalam berbagai masakan dan pembuatan kue. Selain manfaat tersebut, kuning telur juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh dan mengobati berbagai macam penyakit. Beragam manfaat bisa didapat karena kuning telur mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Segala kandungan yang dimaksud adalah vitamin B12, zat besi, zinc, fosfor, kartenoid, dan berbagai mineral lainnya.

5

Adapun manfaat kuning telur bagi kesehatan yang didapat dari pelbagai kandungan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Kuning telur merupakan sumber vitamin B12 yang tinggi dan terkenal sehingga mampu menjaga kesehatan sistem syaraf manusia.
  • Kuning telur kaya akan zat besi sehingga disarankan untuk rutin dikonsumsi oleh wanita hamil yang umumnya cenderung memiliki jumlah hemoglobin yang rendah.
  • Mampu meningkatkan testosterone karena kuning telur mengandung zinc yang terkonsentrasi. Mineral jenis ini tidak mudah terdapat di makanan lain sehingga bagi pria bila mengonsumsi kuning telur secara rutin dan teratur akan mampu meningkatkan hormon kelaki-lakiannya.
  • Mencegah penggumpalan darah karena kandungan kolsterolnya yang sangat tinggi.
  • Sebagai zat anti inflamasi atau anti peradangan sehingga baik untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita osteoporosis atau arthritis karena mengurangi rasa sakit.
  • Menjaga kesehatan mata, terutama pada anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang. Mata akan berfungsi dengan baik dan mampu mempertajam penglihatan.
  • Mencegah dan menghentikan degenerasi otot karena beragam nutrisi dalam kuning telur mampu membantu otot lebih rileks dan berkontraksi dengan baik.
  • Tak banyak yang tahu bahwa kuning telur juga mengandung asam lemak omega 3, seperti halnya pada ikan, yang sangat bagus untuk kesehatan organ dalam dan otak manusia, terutama pada anak-anak.
  • Kuning telur mengandung kartenoid yang mampu melindungi tubuh dari degenerasi makula, yakni penyakit penyebab kebutaan.

Selama ini kuning telur memang dipercaya berbahaya karena tingginya kandungan kolesterol yang bisa membahayakan kesehatan jantung. Namun, teryata manfaat kuning telur bagi kesehatan juga tidak sedikit. Kekhawatiran tersebut tidak akan terjadi bila kita mengonsumsi kuning telur dengan takaran yang sesuai, tidak terlalu berlebihan. Mengonsumsi kuning telur 1 –3 butir setiap hari masih bisa disebut sebagai wajar atau aman.

Related Posts