Manfaat Daun Jarak bagi Kesehatan

 Kesehatan

Tanaman jarak merupakan salah satu tanaman liar yang bisa ditemui dimana saja sehingga tak banyak yang tahu bahwa tanaman ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Tanaman jenis perdu tegak ini tumbuh pada ketinggian antara 0 – 800 m di atas permukaan laut dengan tinggi pohon sekitar 2 – 3 m. Tanaman ini sangat mudah dikembangbiakkan, yakni dengan bijinya yang telah tua. Bagian yang paling banyak dicari dari tanaman ini adalah daun dan bijinya. Manfaat daun jarak bagi kesehatan banyak diyakini karena tidak mengandung efek samping apapun. Sudah banyak orang yang telah membuktikan khasiatnya sebagai bahan pengobatan herbal yang manjur bagi berbagai jenis penyakit.

Manfaat daun jarak bagi kesehatan. Daun jarak memiliki permukaan berwarna hijau muda, batangnya berbentuk runcing dengan tepi daun yang bergerigi. Tanaman dengan nama Latin Jatropha Curcas L ini merupakan tanaman ajaib karena mampu tumbuh di area yang kurang subur sekalipun asalkan pH tanahnya sekitar 6 – 7 dan memiliki drainase air yang baik karena tanaman ini tidak tahan terhadap genangan air. Manfaat daun jarak sudah tersohor dan dinilai sangat ampuh. Berbagai kandungan di dalamnya yang memberikan efek sedahsyat itu, apa saja? Daun jarak mengandung senyawa stigmasterol, amiri, kaemfesterol, sitosterol, dan teraksol. Selain daunnya, biji jarak juga mengandung antifugi, toksalbumin, dan curcin yang snagat bermanfaat sebagai antikanker. Setelah biji jarak diperas, minyaknya mengandung fosfat, kalium, dan nitrogen. Sedangkan getah jarak mengandung flavonoid, saponin, dankandungan anti jamur.

3

Berbagai kandungan di dalam daun jarak mampu memberikan manfaat daun jarak bagi kesehatan yang sangat banyak. Apa saja khasiatnya? Berikut ini adalah pemaparan selengkapnya.

  • Untuk mengobati perut kembung dan masuk angin dengan cara memanaskan beberapa lembar daun jarak dengan api kecil, kemudia mengolesi permukaannya dengan minyak kayu putih, minyak kelapa, atau minyak telon lalu ditempelkan di perut selama beberapa jam. Efeknya adalah akan terjadi pembuangan gas dan zat buang dari dalam perut.
  • Untuk mengobati reumatik dengan cara menumbuk daun jarak dan melumurinya ke bagian yang terkena rematik, eksim, gatal, atau sebagainya.
  • Mengatasi pencernaan pada bayi, caranya sama dengan penyembuhan perut kembung dan masuk angin di atas.
  • Mengatasi luka pada kulit atau koreng, caranya dengan menghaluskan biji jarak yang telah dibuang kulitnya dan dicuci, kemudian dicampuri garam dan dioleskan pada bagian kulit yang luka tersebut.
  • Mengatasi kelumpuhan pada otot wajah dengan cara menghaluskan biji jarak dan menempelkannya pada sendi mandibulas dan bagian lengkung mulut.
  • Mengobati radang telinga dengan cara meneteskan getah jarak pada telinga sebanyak 6 kali sehari hingga sembuh.
  • Mengobati gigi berlubang dengan cara mengambil getah jarak dengan menggunakan kapas lalu ditempelkan pada gigi yang berlubang. Berbagai macam bakteri seperti staphylococcus, streptosossud, dan Escherechis Coli mampu diusir dengan getah jarak ini.
  • Mengobati batuk dan mengencerkan dahak dengan cara merebus akar jarak yang sudah dibersihkan, air tersebut disaring lalu diminum 2 kali sehari, setiap pagi dan sore hari.

Related Posts