Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

     Setelah mempelajari pengertian filsafat dari para ahli dan beberapa pandangan, segala sesuatu apalagi ilmu pasti lah memberikan manfaat untuk kehidupan kita dalam praktinya atau pun dalam pemahamannya, tak terkecuali mempelajari filsafat ini. Ada beberapa manfaat penting yang dapat kita peroleh jika kita mempelajari filsafat, diantaranya adalah memebrikan pengertian yang mendalam tentang manusia maupun konsep dasar dari manusia itu sendiri, menganalisis dan mengkritisi pendapat, pemikiran, gagasan, argumentasi, ideology dan pandangan dunia, pendavaran metodis dan pengetahuan mendalam dan kritis terhadap ilmu pengetahuan yang lain. Selain itu masih ada manfaat lain yang lebih rinci untuk dijelaskan  bahwa cara kerja ilmu filsafat memiliki pola serta model-model yang spesifik atau khusus dalam menggali atau mendalami pengetahuan melalui jalan mencari sebab musabab pertama dari gejala ilmu pengetahuan. Di dalamnya mencangkup paham tentang kebenaran dan obyektifitas.

3

Filsafat ilmu sendiri merupakan salah satu cabang filsafat, maka dari itu fungsi filsafat ilmu tidak bisa dipisahkan dari fungsi filsafat sendiri secara keseluruhan, yaitu yang pertama adalah sebagai alat atau cara mencari kebenaran dari fenomena-fenomena yang tengah terjadi, yang kedua fungsinya untuk mempertahankan, menunjang serta melawan atau bisa berdiri netral terhadap pandangan filsafat yang lain. Yang ketiga untuk memberikan informasi tentang moral dan juga etika yang berguna bagi kehidupan. Dan yang terakhir ialah berfungsi sebagai sumber inspirasi dan pedoman untuk berkehidupan dalam berbagai aspek kehidupan itu sendiri. Maka, fungsi dari filsafat ilmu ialah untuk memberikan landasan atau dasar filosofik dalam memahami berbagai konsep juga teori suatu ilmu dan membekali suatu kemampuan untuk membangun teori ilmiah. Dalam mengkaji ilmu filsafat pun terdapat beberapa manfaat diantaranya agar kita tidak terjebak dalam bahaya arogansi intelektual, kita diharuskan untuk krisis terhadap ilmu maupun keilmuan, merefleksikan, menguji, member kritik dan asumsi kepada metode ilmu terus menerus seehingga ilmuwan tetap bermain dalam tempat yang benar. memecahkan masalah keilmuan secara cerdas dan juga valid, dan masih banyak lagi. Sekarang kita pun mengerti pengertian filsafat menurut para ahli maupun secara umum serta berbagai manfaatnya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian pancasila , pengertian ekonomi , pengertian filsafat , pengertian politik , pengertian korupsi , pengertian belajar

Related Posts