Ini Dia Contoh Makalah Puasa

 Tugas

Pada kesempatan kali ini, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul makalah puasa. Salah satu rukun islam adalah berpuasa. puasa berarti menahan hawa nafsu seperti makan dan minum dari fajar hingga terbenamnya matahari. Agama islam mengajar umatnya untuk saling membantu dan menghargai maka dari iru, puasa adalah salah satu media pembelajaran untuk umat muslim untuk lbih bertaqwa dan bersyuku kepada Allah SWT. Umat muslin di dunia wajib berpuasa di bulan ramadhan selama 30 hari. Banyak manfaat yang dirasakan oleh umat muslin yang berpuasa. tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk membahas cara berpuasa yang baik dan benar serta manfaat puasa untuk kesehatan terutama memperkuat iman kepada Allah SWT. Penulis telah melakukan pengamatan, penelitian dan membaca beberapa buku sebagai referensi membuat makalah ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada saya dalam mengerjakan makalah ini. Tidak lupa, saya ucapkan terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan-rekan sekalin atas dukungan dan bantuan yang diberikan baik secara materi maupun moril sehingga saya dapat membuat makalah ini dengan baik dan lancar. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.

 11

 

 Dari pembahasan makalah puasa diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Puasa memberikan banyak hikma didalamnya dinataranya menjadikan umat muslim lebih bersyukur dalam apa yang dimilikinya. Puasa (Ash-Shawm) dalam pengertian bahasa adalah menahan dan berhenti dari esuatu, sedangkan dalam istilah agama artinya adalah menahan dari makan, minum, dan hubungan kel*am*in, mulai dari waktu fajar sampai Maghrib, karena mencari Ridha Allah . puasa terdiri beberapa macam sesuai dengan ketentuan yang telah diatur didalam Al-quran yaitu puasa wajib ( fardu) dan pausa sunnah. Puasa Fardhu adalah puasa rukun islam yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim yang mukallaf selama satu bulan penuh (bulan Ramadhan) setiap tahunnya. Puasa fardu terdiri dari puasa Nadzar (kaulan) yaitu puasa yang diwajibkan orang kepada dirinya sendiri dengan cara bernadzar (kaul) kepada Allah swt dan puasa qadha ramadhan ialah puasa yang dlakukan untuk membayar puasa Ramadhan yang tertinggal oleh sebab terlupanya niat di waktu malam hari, atau dibatalkannya karena ada halangan (udzur syar’i), atau sengaja dibatalkannya tanpa alasan yang dapat diterima secara syar’I (agama). Puasa sunnah terdiri dari puasa enam bulan syawal, puasa sepuluh hari bulan Dzulhijjah, yaitu dari tanggal 1 sampai tanggal 10 dzulhijjah (hari idul adhah), puasa Asyura (10 muharram) dan Tasu’a (9muharram), puasa senin dan kamis, puasa hari-hari putih (tanggal 13,14,15) setiap bulan dan puasa bulan Rajab dan sya,ban.

Demikian makalah puasa yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini, saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dna kekurangan di dalam penulisan makalah di karenakan keterbatasan waktu.

 

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : makalah puasa , makalah bela Negara , makalah karbohidrat , makalah manajemen operasional , makalah tbc , makalah pendidikan pancasila , makalah manajemen pendidikan , makalah keanekaragaman hayati , makalah power point , makalah sistem informasi

Related Posts