Pengertian ISP Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Sebelum mengetahui beberapa pengertian ISP menurut para ahli, kita mulai membahas dengan pengertiannya secara umum terlebih dahulu. ISP merupakan istilah yang berhubungan dengan teknologi duni maya atau internet. ISP merupakan kependekan dari Internet Services provider. Secara umum, internet services provider atau ISP adalah penyelenggara jasa internet yang biasanya sering juga disingkat dengan istilah PJI.  Perusahaan atau organisasi ini menyediakan layanan koneksi akses internet baik untuk perorangan, kantor, sekolah, kampus, instansi pemerintahan, dan lain-lain. Ada berbagai macam ISP di berbagai belahan dunia. Di Indonesia sendiri ada lebih dari satu macam ISP, yakni Telkom Speedy, Indosat, Telkomsel Flash, Smartfren dan lain-lain.

2

                ISP memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia internet. Peranan internet services provider dalam akses internet ada banyak. Peranan utama ISP adalah sebagai media yang memberikan jasa untuk berinteraksi dengan internet. Peranan yang lainnya adalah sebagai berikut.

  • Menghubungkan user ke layanan informasi WWW (World Wide Web).
  • Memberikan kemungkinan kepada user untuk menggunakan surat elektronik (e-mail).
  • Memberikan kemudahan kepada pengguna jasa internet untuk bisa berkomunikasi melalui berbagai media sosial yang telah berkembang, selain itu juga bisa menggunakan layanan media suara.
  • Menghubungkan pelanggan kegateway internet terdekat.
  • Peranan terakhir dan yang tak kalah pentingnya, ISP melakukan perlindungan diri dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.

Pengertian ISP menurut para ahli bisa diartikan sebagai badan usaha milik pemerintah dan swasta yang memberikan fasilitas layanan ke jaringan internet. ISP (internet services provider) ada yang bersifat tertutup dan terbuka. ISP yang bersifat tertutup merupakan ISP yang hanya melayani fasilitas jaringan internet untuk lokal lembaga atau organisasi itu sendiri. Misalnya saja jaringan ISP yang ada di berbagai kantor pemerintahan, sekolah, atau kampus, akses internetnya hanya bisa digunakan di lingkungan terbatas saja. Sedangkan ISP yang bersifat terbuka adalah jaringan internet yang terbuka atau bisa diakses masyarakat secara luas oleh siapapun, baik oleh perorangan maupun kelompok. Jenis ISP seperti ini biasanya terdapat di tempat-tempat umum, seperti café, terminal, stasiun, taman kota, dan lain-lain.

Umumnya jenis internet services provider terbuka ini bersifat komersial, maksudnya akses internet memang dijual kepada masyarakat luas. Jangkaun ISP yang ada di Indonesia tidaklah sama. Ada beberapa ISP yang tidak bisa berhubungan dengan jaringan luar negeri karena dana yang sangat mahal dan terbatas. Untuk itu, jaringan bersifat tertutup biasanya menutup akses jaringannya ke luar negeri untuk menghemat dana pengeluaran. Fungsi ISP secara singkat adalah menawarkan jasa pelayanan untuk berhubungan dengan internet. Untuk mengaksesnya, cukup menghubungi ISP melalui internet atau modem. Setelah itu, ISP akan mengurus semua keperluan untuk berhubungan dengan internet.

Sekilas mengenai pengertian ISP menurut ahli di atas semoga bisa menambah wawasan kita mengenai internet service provider. Wawasan tambahan ini bisa sangat berguna bagi kita, apalagi mengingat hal ini menjadi satu faktor yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan zaman saat ini. Semua hal yang dilakukan saat ini membutuhkan internet sebagai pendukungnya, bahkan sebagai kebutuhan utamanya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian asuransi , pengertian jurnal , pengertian ijtihad , pengertian isp , pengertian pemasaran , pengertian masyarakat madani , pengertian resensi , pengertian microsoft excel , pengertian pemilu , pengertian manusia , pengertian paradigma , pengertian http , pengertian variabel , pengertian wifi , pengertian demokrasi pancasila , pengertian protein , pengertian dasar negara

Related Posts