Pengertian Masyarakat Madani Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah masyarakat madani bukanlah sebuah istilah yang sering digunakan dalam perbincangan sehari-hari. Hanya pada konteks-konteks tertentu istilah ini muncul, sehingga tak banyak orang yang memahami akna mendalamnya. Beberapa pengertian masyarakat madani menurut para ahli yang akan dibahas kali ini semoga bisa memberikan pengetahuan tambahan bagi Anda yang masih belum memahaminya. Istilah ini pertama kali dikemukakan oleh Cicero dalam filsafat politiknya. Ia menyebut dengan istilah societies civillis. Pada awalnya, istilah tersebut identik dengan negara. Namun dalam perkembangannya, istilah societies civillis dipahami sebagai organisasi-organisasi masyarakat yang terutama bercirikan kesukarelaan dan kemandirian yang tinggi, berhadapan dengan negara, serta keterikatan dengan nilai-nilai atau norma hukum yang dipatuhi masyarakat.

                Civic society diterjemahkan ke adalam bahasa Indonesia dengan sebutan masyarakat sipil atau masyarakat madani. Kata madani berasal dari kata Madinah, yaitu sebuah kota tempat hijrah Nabi Muhammad SAW. Madinah beraal dari kata ‘madaniyah’ yang berarti peradaban. Oleh karena itu masyarakat madani berarti masyarakat yang beradap. Masyarakat madani merupakan tatanan masyarakat sipil yang mandiri dan demokratis, masyarakat madani lahir dari proses penyemaian demokrasi. Dalam perkembangannya, istilah masyarakat madani dipahami para ahlu berdasarkan lingkungan masing-masing. Definisi tersebut merupakan hasil analisis dan kajian dari fenomena masyarakat.

2

                Saat ini sudah banyak sekali pengertian masyarakat madani menurut para ahli. Definisi yang berbeda memang mengacu pada pemahaman yang berbeda pula dari masing-masing pakar tersebut. Berikut ini beberapa pengertian ahli tersebut.

  • Menurut Zbighiew, masyarakat madani adalah masyarakat yang berkembang dari sejarah, yang mengandalkan ruang di mana individu dan perkumpulan tempat mereka bergabung, bersaing satu sama lainnya guna mencapai nilai-nilai yang mereka yakini.
  • Menurut H. Hasyim Manan, masyarakat madani adalah masyarakat yang selalu memelihara perilaku yang beradab, sopan santun, berbudaya tinggi, baik dalam pergaulan sehari-hari, dalam berbicara, mencari kebenaran, bahkan mencari rizki, mengupayakan kesejahteraan, atau dalam menerapkan hukum dalam sanksi, sampai dalam menghadapi konflik dan peperangan.
  • Menurut Syamsudin Haris, masyarakat madani adalah lingkup interaksi sosial yang berada di luar pengaruh negara dan model yang tersusun dari lingkungan masyarakat paling akrab.
  • Menurut Anwar Ibrahim, masyarakat madani adalah masyarakat ideal yang memiliki peradaban maju dan sistem sosial yang subur yang diasaskan kepada prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan perorangan dengan kestabilan masyarakat.
  • Menurut Ernest Gellner, masyarakat madani adalah masyarakat yang terdiri atas berbagai institusi non pemerintah yang otono dan cukup kuat untuk dapat mengimbangi negara.

Selain beberapa pengertian di atas, masyarakat madani juga bisa didefinisikan menurut sebuah keyakinan. Agama Islam mengartikan masyarakat madani sebagai masyarakat Islam yang pernah dibangun Nabi Muhammad di negeri Madinah. Di kota Madina-lah Nabi Muhammad SAW membangun masyarakat berperadaban berlandaskan ajaran Islam, masyarakat yang bertaqwa kepada Ketuhanan Yang Maha Esa. Semangat ketaqwaan yang dalam diensi vertikal untuk menjamin hidup manusia agar tidak menjadi hina dan nista. Tentunya pendapat menurut Islam ini semakin melengkapi pengertian masyarakat madani menurut para ahli yang telah dibahas sebelumnya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian asuransi , pengertian jurnal , pengertian ijtihad , pengertian isp , pengertian pemasaran , pengertian masyarakat madani , pengertian resensi , pengertian microsoft excel , pengertian pemilu , pengertian manusia , pengertian paradigma , pengertian http , pengertian variabel , pengertian wifi , pengertian demokrasi pancasila , pengertian protein , pengertian dasar negara

Related Posts