Pengertian Paradigma Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar kata paradigm (paradigma)? Meskipun tak digunakan sehari-hari, kita perlu memahami tentang pengertian dan konsep mengenai paradigma. Sudah pahamkah Anda pengertian tentang paradigma itu sendiri? Istilah paradigma pertama diperkenalkan oleh Thomas Kuhn dalam bukunya berjudul The Structure of Scientific Revolution. Paradigma merupakan terminologi kunci dalam model perkembangan ilmu pengetahuan yang diperkenalkan Thomas Kuhn. Beliau tidak menjelaskan pengertiannya secara gambling. Seiring berkembangnya waktu, istilah tersebut dipopulerkan oleh Robert Friedrichs. Dia adalah orang pertama yang merumuskan pengertian paradigma secara lebih rinci dan jelas. Selain Thomas Kuhn dan Robert Friedrichs, masih banyak lagi pengertian paradigma menurut para ahli yang akan dipaparkan.

6

                Paradigma berhubungan dengan prinsip-prinsip pertama atau prinsip-prinsip dasar. Paradigma adalah konstruksi manusia. Paradigma menentukan pandangan dunia peneliti sebagai bricoluer. Suatu paradigma meliputi tiga elemen, yakni epistemologi, ontologi, dan metodelogi. Epistemologi mengajukan berbagai pertanyaan dasar, seperti bagaimana kita mengetahui dunia? Ontologi memunculkan pertanyaan –pertanyaan dasar tentang hakikat realitas. Metodelogi memfokuskan diri pada cara kita meraih pengetahuan tentang dunia.

                Berikut ini adalah beberapa pengertian paradigma menurut para ahli.

  • Menurut Thomas Kuhn, paradigma adalah landasan berpikir atau konsep dasar yang dianut atau dijadikan model, baik berupa model atau pola yang dimaksud para ilmuwan dalam upayanya mengandalkan studi-studi keilmuan.
  • Menurut C. J. Ritzer, paradigma adalah pandangan mendasar para ilmuwan tentang apa yang menjadi pokok persoalan yang seharusnya dipelajari oleh suatu cabang ilmu pengetahuan.
  • Menurut Robert Friedrichs, paradigma adalah kumpulan tata nilai yang membentuk pola pikir seseorang sebagai titik tolak pandangannya sehingga akan membentuk citra subyektif seseorang mengenai realita dan akhirnya akan menentukan bagaimana menanggapi realita itu.
  • Menurut Guba, paradigma adalah serangkaian keyakinan dasar yang membimbing tindakan.

Berdasarkan empat definisi ahli yang telah dipaparkan di atas, paradigma bisa digunakan dalam keilmuan sebagai model, pola, dan ideal. Dari situlah paradigma tertentu bisa dijelaskan untuk menjadi dasar menyeleksi berbagai masalah serta pola-pola untuk menemukan masalah dalam sebuah percobaan. Paradigma membantu dalam merumuskan apa yang harus dipelajari, pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab, bagaimana sebaiknya menjawab, serta aturan-aturan yang harus ditaati dalam menginterpretasikan informasi yang haris dikumpulkan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Selain pengertian paradigma menurut para ahli dan diartikan secara umum, paradigma juga bisa diartikan secara komprehensif yakni etimologis dan terminologis. Secara etimologis, kata paradigma berasal dari bahasa Yunani “para” bermakna di samping, di sebelah, dan dikenal; “diegma” berarti suatu model, teladan, arketif, dan ideal. Sedangkan menurut bahasa Inggris, paradigma adalah keadaan lingkungan. Secara terminologis, paradigma adalah konstruk berpikir berdasarkan pandangan yang menyeluruh dan konseptual terhadap suatu masalah dengan menggunakan teori formal, eksperimentasi, dan metode yang terpercaya. Selain itu, paradigma secara terminologis juga diartikan sebagai suatu pandangan terhadap dunia alam sekitarnya, yang merupakan perspektif umum, suatu cara untuk menjabarkan measalah-masalah dunia nyata yang kompleks.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian asuransi , pengertian jurnal , pengertian ijtihad , pengertian isp , pengertian pemasaran , pengertian masyarakat madani , pengertian resensi , pengertian microsoft excel , pengertian pemilu , pengertian manusia , pengertian paradigma , pengertian http , pengertian variabel , pengertian wifi , pengertian demokrasi pancasila , pengertian protein , pengertian dasar negara

Related Posts