Pengertian Wifi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Untuk menyambungkan komputer Anda ke internet, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan wifi agar Anda bisa mendaoatkan sinyak untuk terhubung ke internet. Seiring berkembangnya waktu, sudah semakin banyak pengertian wifi menurut para ahli yang bermunculan. Wifi adalah kependekan dari wireless fidelity yang bermakna sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data menggunakan gelombang radio (nirkabel) melalui jaringan komputer dan termasuk dalam koneksi internet berkecepatan tinggi. Saat ini wifi sudah bisa diakses dengan menggunakan berbagai macam alat elektronik canggih, seperti laptop, telepon pintar atau smartphone, tablet, televisi internet, dan lain-lain.

                Sumber lain mendefinisikan wifi sebagai sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Network – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE802.11. singkatan inilah (WLAN) yang sering sekali muncul pada layar komputer Anda saat koneksi wifi berhasil terhubung. Awalnya wifi ditujukan hanya untuk pengguna perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), tetapi saat ini wifi lebih banyak digunakan untuk mengakses internet secara luas. Teknologi ini memungkinkan banyak pengguna bisa mengakses internet dalam satu tempat dan satu waktu bersamaan dengan menggunakan titik akses terdekat. Saat ini spesifikasi wifi semakin berkembang sehingga mampu menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh, kapasitas yang lebih banyak, dan kesepatan transfer yang semakin luar biasa.

9

                Selain pengertian wifi secara umum, ada beberapa pengertian wifi menurut para ahli. Pengertian-pengertian tersebut adalah sebagai berikut.

  • Menurut Jubilee Interprise, wifi adalah salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada perangkat Wireless Local Area Network (WLAN).
  • Menurut Doni Kurniawan, wifi adalah teknologi lama yang sebenarnya sudah disertakan di beberapa notebook dan laptop. Seiring waktu, teknologi ini menjadi keharusan dalam sebuah komputer dan alat-alat elektronik canggih lainnya.
  • Menurut Priyambodo, wifi adalah Standar Wireless Networking tanpa kabel, hanya dengan komponen yang sesuai dapat terkoneksi ke jaringan.
  • Menurut Onno W. Purbo, wifi adalah media radio (nirkabel) yang sifatnya sharing atau digunakan.
  • Menurut salah satu situs informasi terbesar di dunia, Wikipedia, wifi adalah komplotan standar yang digunakan untuk jaringan lokal nirkabel yang didasari spesifikasi IEEE b02.11

 Selain istilah wifi, masyarakat biasanya juga menggunakan istilah hotspot. Kedua istilah tersebut memiliki makna yang sama. Keduanya biasa digunakan atau dipasang di tempat-tempat umum (terminal, café, sekolah, kampus, dan lain-lain) serta instansi-instansi perkantoran. Wifi bisa dipasang sesuai dengan kebijakan dari pemiliknya, wifi bisa dipasang secara bebas dan terbuka atau wifi dipasang dengan menggunakan kode tertentu. Bila pengguna tidak mengetahui kode untuk mendapatkan sinyal, maka wifi tidak bisa diakses. Hal ini dilakukan oleh pemilik untuk membatasi kuota wifi agar tidak terlalu berlebihan. Demikian pemaparan mengenai pengertian wifi menurut para ahli. Semoga bermanfaat bagi Anda dalam mengikuti perkembangan teknologi internet ke depannya. Teknologi wifi yang ada sekarang akan semakin berkembang dan semakin memudahkan kita dalam mengaksesnya. Kita tunggu saja apa yang akan terjadi mendatang.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian asuransi , pengertian jurnal , pengertian ijtihad , pengertian isp , pengertian pemasaran , pengertian masyarakat madani , pengertian resensi , pengertian microsoft excel , pengertian pemilu , pengertian manusia , pengertian paradigma , pengertian http , pengertian variabel , pengertian wifi , pengertian demokrasi pancasila , pengertian protein , pengertian dasar negara

Related Posts