Pengertian Protein Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Tubuh kita memerlukan berbagai macam zat sebagai energi untuk melaksanakan berbagai macam rutinitas setiap harinya. Salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah protein. Protein menyusun kurang lebih 50% berat kering manusia. Protein bukan hanya sekadar bahan simpanan atau bahan structural, tetapi juga berperan penting dalam kehidupan. Dari struktur kimianya, protein merupakan makromolekul yang terdiri dari satu atau lebih polimer. Setiap polimer terdiri atas monomer. Pemahaman mengenai protein tak hanya pada kegunaannya saja, kita juga perlu memahami pengertiannya, terutama pengertian protein menurut para ahli.

                Protein berasal dari bahasa Yunani, yakni proteios yang bermakna utama. Lihatlah, dari asal katanya saja sudah terbukti bahwa protein memang sangat dibutuhkan dan berguna bagi tubuh manusia. Protein adalah suatu jaringan yang panjang dan terdiri atas beberapa molekul asam amino yang terikat. Asam amino merupakan bahan dasar pembentuk protein. Pendapat lain menyebutkan bahwa protein adalah molekul makro yang mempunyai berat molekul antara 5.000 hingga beberapa juta. Protein merupakan bagian dari semua sel hidup dan bagian terbesar dari tubuh setelah air. Seperlima bagian tubuh kita adalah protein, setengahnya ada di dalam otot, seperlima di dalam tulang dan tulang rawan, sepersepuluh ada di kulit, dan sisanya ada di dalam jaringan lain.

11

                Selain pengertian protein menurut para ahli, kita juga perlu memahami fungsi protein bagi tubuh kita. Protein memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Kekurangan protein akan menyebabkan banyak penyakit menghinggapi tubuh kita. Fungsi-fungsi protein yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Mendorong pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharaan struktur tubuh.
  • Pembentukan ikatan-ikatan esensial tubuh.
  • Mengatur keseimbangan air di dalam tubuh karena bersifat asam atau basa.
  • Memacu dan berpartisipasi dalam berbagai reaksi kimia dan biologis.
  • Menyediakan sumber energi.
  • Mengatur kemampuan tubuh membuat penawar racun atau detoksifikasi.
  • Membentuk sunstansi-substansi penting seperti antibody, hormon, enzim, dan kromosom.
  • Mengangkut zat-zat gizi.

Banyaknya fungsi protein di atas semakin meyakinkan kita akan pentingnya protein bagi tubuh. Bisa Anda bayangkan apa yang akan terjadi pada tubuh kita seandainya kita kekurangan protein. Tak hanya kesehatan yang terganggu, banyak organ dalam tubuh yang tidak dapat bekerja selayaknya. Untuk itu, perbanyaklah konsumsi ikan, telur, daging, kacang-kacangan, dan makanan sumber protein lainnya. Penuhi kebutuhan protein dalam tubuh setiap harinya sesuai dengan porsinya, jangan sampai kurang dan terlalu berlebihan. Kelebihan protein juga tidak baik bagi tubuh karena bisa menimbulkan alergi, gatal-gatal, dan gangguan lainnya.

Semua jenis protein dibuat dari rangkaian dan kombinasi dari 20 asam amino. Setiap jenis protein memiliki jumlah dan urutan asam amino yang khas, jadi tidak ada yang sama. Protein terdapat di dalam membrane plasma dan membrane internal. Protein yang terlibat dalam reaksi biokimia sebagian besar berupa enzim yang terdaoat di dalam sitoplasma dan sebagian lagi terdaoat di kompartemen dari organel sel. Protein merupakan komponen utama bagi semua makhluk hidup termasuk mikroorganisme, hewan, dan tumbuhan. Itulah pembelajaran penting mengenai protein selain pengertian protein menurut para ahli. Kita perlu mengenal protein lebih mendalam, tak hanya sebatas definisinya saja.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian asuransi , pengertian jurnal , pengertian ijtihad , pengertian isp , pengertian pemasaran , pengertian masyarakat madani , pengertian resensi , pengertian microsoft excel , pengertian pemilu , pengertian manusia , pengertian paradigma , pengertian http , pengertian variabel , pengertian wifi , pengertian demokrasi pancasila , pengertian protein , pengertian dasar negara

Related Posts