Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan dasar negara? Dan tahukah pula kalian apa dasar negara Indonesia tercinta ini? Sebagai warga negara yang baik, patutlah kita bisa menjawab dua pertanyaan tersebut. Perlu diketahui bahwa pengertian dasar negara menurut para ahli juga akan semakin membuat kalian lebih memahaminya. Dasar negara adalah landasan dalam kehidupan bernegara. Setiap negara di dunia ini pasti memiliki dasar negara sebagai suatu dasar untuk mengatur penyelenggaraan negaranya. Seperti halnya negara Indonesia yang memiliki Pancasila sebagai dasar negara tertingginya. Dasar negara bagi suatu negara merupakan hal yang sangat penting. Keberadaan negara tanpa dasar negara berarti negara tersebut tidaklah mempunyai pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara. Akibatnya, negara tidak mempunyai arah dan tujuan yang jelas sehingga mudah timbul kekacauan. Dasar negara sebagai pedoman utama dalam hidup bernegara memiliki cita-cita, tujuan, dan norma.

12

                Pancasila sebagai ideologi atau dasar negara Indonesia memiliki lima sila. Kelima sila tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Kelima butir sila tersebut menjadi dasar negara yang harus dipatuhi oleh seluruh komponen atau warga negara, mulai dari presiden hingga rakyat biasa. Keberlangsungan bangsa Indonesia berdasar pada kelima sila tersebut beserta butir-butir yang terdapat di dalamnya.

                Sebuah sumber lain menyebutkan pengertian dasar negara menurut para ahli. Menurutnya, dasar negara merupakan norma dasar bagi negara. Dasar negara juga bisa menjadi sumber bagi sistem perundangan negara. Sebagai norma dasar, dasar negara menjadi norma tertinggi dalam suatu negara. Selain itu, dasar negara juga dianggap sebagai filsafat negara yang berkedudukan sebagai sumber dari tata tertib hukum dalam negara. Dalam Ensiklopedi Indonesia. Kata ‘dasar’ berarti asal pertama dari sesuatu. Bila dikaitkan dengan negara, kata ‘dasar’ tersebut berarti  pedoman dalam mengatur kehidupan tata negara yang encakup berbagai bidang kehidupan.

                Di atas telah dikemukakan bahwa dasar negara merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan bernegara. Dasar negara memiliki fungsi yang tidak sepele. Fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

  • Sebagai dasar berdiri dan tegaknya sebuah negara. Pemikiran yang mendalam tentang dasar negara lazim muncul ketika suatu bangsa hendak mendirikan negara.
  • Sebagai dasar kegiatan penyelenggaraan negara. Negara didirikan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional suatu bangsa di bawah pimpinan para pemimpin bangsa.
  • Sebagai dasar partisipasi warga negara. Warga negara memiliki hak dan kewajiban yang saman dalam mempertahankan dan berpartisipasi dalam mencapai tujuan bangsa.
  • Sebagai dasar pergaulan antar warga negara. Hubungan pergaulan antar warga negara bisa direkatkan dengan adanya dasar negara.
  • Sebagai dasar dan suber hukum nasional. Semua aktivitas penyelenggaraan negara dan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara harus didasarkan pada hukum yang berlaku di negara tersebut.

Paparan fungsi-fungsi tersebut dapat mempertegas pengetahuan kita mengenai pengertian dasar negara menurut para ahli. Secara tidak langsung juga membuat kita lebih memahami mengenai kenegaraan dan sistem pemerinntahan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian dasar negara , pengertian profesi , pengertian perusahaan , pengertian kepribadian , pengertian tasawuf , pengertian atom , pengertian inovasi , pengertian ip address , pengertian karakter , pengertian sosial , pengertian teknologi informasi

 

Related Posts