Pengertian Profesi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pernahkah Anda mendapat pertanyaan, samakah makna pekerjaan dengan profesi? Jika Anda menjawab sama, maka jawaban Anda salah. Pekerjaan dan profesi tidaklah sama. Jadi, jika ada yang menjawab profesi adalah sebuah pekerjaan, anngapan umum tersebut sebenarnya salah besar. Di mana letak perbedaannya? Apa yang membuat pekerjaan dan profesi diartikan berbeda? Semua pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan mengetahui pengertian profesi menurut para ahli. Perlu adanya pelurusan definisi antara dua istilah ini agar tidak semakin berkepanjangan kesalahpahaman yang terjadi selama ini.

1

                Berikut ini beberapa pengertian profesi yang diungkapkan oleh beberapa ahli.

  • Menurut Ornstien dan Levine, profesi adalah karir yang dilakukan sepanjang hayat. Melakukan bidang, ilmu, dan keterampilan tertentu. Memerlukan latihan khusus dalam jangka waktu yang lama.
  • Menurut Schein, profesi adalah suatu kumpulan atau set pekerjaan yang membangun suatu set norma yang sangat khusus yang berasal dari perannya yang khusus di masyarakat.
  • Menurut Danin, profesi secara estimologi diartikan mengakui, adanya pengakuan, menyatakan mampu, atau ahli dalam melakukan suatu pekerjaan. Sedangkan secara terminologi, diartikan suatu pekerjaan yang mempersyaratkan pendidikan tinggi bagi pelakunya yang ditekankan pada pekerjaan mental.
  • Menurut Daniel Bell, profesi adalah aktivitas intelektual yang dipelajari secara formal maupun tidak formal dan memperoleh sertifikat, menggunakan etika layanan dengan mengimplikasikan kompetensi mencetuskan ide. Kewenangan keterampilan teknis dan moral serta adanya tingkatan dalam masyarakat.
  • Menurut Sanusi, profesi adalah suatu jabatan yang memiliki fungsi dan signifikasi yang menentukan.
  • Menurut Paul F. Comenisch, profesi adalah komunitas moral yang memiliki cita-cita dan nilai bersama.
  • Menurut De George, profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian.
  • Menurut Siti Nafsiah, profesi adalah suiatu pekerjaan yang dikerjakan sebagai sarana untuk mencari nafkah hidup sekaligus sebagai sarana untuk mengabdi kepada kepentingan orang lain yang harus diiringi pula dengan keahlian, keterampilan, profesionalisme, dan tanggung jawab.
  • Menurut Doni Koesoema, profesi adalah pekerjaan yang menuntut keahlian tertentu serta memiliki etika khusus untuk jabatan tersebut serta pelayanan baku terhadap masyarakat.

Selain pengertian profesi menurut para ahli, ada juga profesi yang diartikan sesuai dengan sejarahnya. Profesi berasal dari bahasa Latin ‘professio’ yang memiliki dua pengertian, yakni:

  1. Janji dan pekerjaan, lebih luas lagi diartikan sebagai kegiatan apa saja dan dilakukan oleh siapa saja untuk memperoleh nafkah yang dilakukan dengan suatu keahlian tertentu.
  2. Sedangkan dalam arti sempit, profesi diartikan sebagai kegiatan yang dijalankan berdasarkan keahlian tertentu dan sekaligus dituntut daripadanya pelaksanaan norma-norma sosial dengan baik.

Kedua makna tersebut menjadi penunjang pengertian yang telah dikemukakan oleh ahli di atas. Definisi yang ada juga tidak terlalu jauh berbeda, semua berpedoman pada satu hal yang sama. Yang perlu dipahami dengan saksama adalah pekerjaan tidak sama dengan profesi. Sebuah profesi bisa dijadikan sebuah pekerjaan, tetapi sebuah pekerjaan belum tentu bisa dijadikan sebagai profesi. Hal tersebut karena profesi memiliki mekanisme dan aturan yang harus dipenuhi. Sedangkan pekerjaan tidak memiliki aturan yang rumit.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian dasar negara , pengertian profesi , pengertian perusahaan , pengertian kepribadian , pengertian tasawuf , pengertian atom , pengertian inovasi , pengertian ip address , pengertian karakter , pengertian sosial , pengertian teknologi informasi

Related Posts