Pengertian dan Fungsi Organisasi

 Pengetahuan

Pernahkah anda menjadi anggota dalam suatu organisasi? Organisasi bukanlah kata yang asing dikalangan masyarakat pada umumnya. Meskipun begitu, daptkah anda mendefinisikan dan menjabarkan tentang pengertian dan fungsi organisasi?

Pembahasan artikel kali ini diberi judul pengertian dan fungsi organisasi. Dalam kamus lengkap bahasa Indonesia, organisasi adalah suatu susunan/ rangkaian yang menyatu sebagaimana mestinya sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur. Sedangkan menurut ilmu social, organisasi adalah sekumpulan orang yang disusun menjadi sebuah kelompok, saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah disepakati kelompok tersebut. Sesuai dengan penjelasan arti dari organisasi di atas, unsure – unsure yang menandakan adanya suatu organisasi adalah :

33

  • Manusia, dalam bahasa organisassi disebut dengan pegawai/ personel. Terdiri dari semua anggota organisasi yang dipimpin oleh seorang yang biasa disebut administrator.
  • Kerjasama, dalam hal ini seluruh anggota menurut tingkatannya berkerja sama untuk mencapai suatu target pencapaian
  • Tujuan bersama. Hal ini berkaitan dengan unsure kerjasama, dimana unsure kerjasama tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan bersama.
  • Dalam melakukan suatu target untuk mencapai tujuan, diperlukan peralatan – peralatan tertentu untuk mempermudah pengerjaan target terrsebut
  • Adanya organisasi diharuskan memiliki lingkungan tempat mereka melakukan kegiatannya, seperti gedung, tanah, atau kantor. Karena tidak mungkin suatu organisasi hanya berhubungan dan bekerja melalui telephon seluler di rumah mereka masing – masing.

Setelah menjelaskan tentang pengertian dan unsure organisasi di atas, sudahkah anda memahaminya? Membahas judul berarti membahas fungsi, sesuai pembahasan dengan judul pengertian dan fungsi organisasi, penulis akan menjabarkan apa saja fungsi dalam suatu organisasi. Fungsi dalam organissasi adalah :

  1. Organisasi berfungsi sebagai tempat untuk bekerja sama. Bekerja sama mempermudah kita untuk mendapatkan suatu target hasil yang berkaitan dengan tujuan bersama.
  2. Organisasi berfungsi sebagai wadah untuk kita melakukan sosialisasi. Dengan berorganisaasi kita tidak hanya bekerja dengan kemampuan sendiri, tetapi bekerja dengan suatu tim, hal ini mengajarkan kita untuk hidup besosialissasi dalam suatu lingkup masyarakat.
  3. Organisasi sebagai sarana pendidikan. Contohnya adalah, disuatu sekolah / perguruan tinggi, salah satu tujuan diadakannya organisasi adalah untuk memberikan gambaran tentang bagaimana lingkungan kerja di kehidupan mendatang
  4. Organisasi mengajarkan kita untuk hidup disiplin. Dengan berorganisasi kita diajarkan untuk hidup sesuai dengan target pencapaian (ganchart) yang sudah ditentukan, jadi mau tidak mau kita harus disiplin untuk mengerjakan pekerjaan yang sudah terjadwal dengan tujuan tercapainnya suatu target.
  5. Organisasi juga mengajarkan ilmu sosiologi, karena dengan berorganisasi kita mengetahui berbagai macam karakter seseorang/ rekan kerja kita.

Fungsi organisasi sudah penulis jabarkan pada pembahasan kali ini. Bagaimana? Sudah pahamkah anda sekarang tentang pengertian dan fungsi organisasi? Melihat banyaknya fungsi yang ada dalam suatu organisasi, ilmu organisasi terbilang penting di kalangan masyarakat, khususnya untuk anak – anak kita. Semoga pembahasan artikel kali ini bermanfaat untuk anda dan menjadi jawaban untuk pertanyaan yang mungkin belum terjawab. Teruslah membaca mencari ilmu alam yang tak terbatas.

Related Posts