Pengertian Pengetahuan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Berbicara mengenai pengetahuan pasti tak bisa lepas dari ilmu. Bila ilmu diartikan sebagai pengetahuan yang disusun secara logis dan sistematis, maka pengetahuan bisa diartikan sebagai sesuatu yang diketahui melalui pancaindera dan pengolahan yang dilakukan oleh pikiran. Karena itu pengertian pengetahuan menurut para ahli juga tidak akan jauh dari pengertian ilmu. Semua orang membutuhkan pengetahuan untuk menjalani kehidupan mereka secara baik. Tanpa pengetahuan, banyak orang akan salah mengambil keputusan dan pilihan. Untuk mendapatkan sebuah pengetahuan, seseorang harus melewati proses belajar, mencari, mengamati, dan menganalisis. Memang tidak mudah mendapatkan pengetahuan yang kita inginkan, tetapi sebenarnya setiap hari kita bisa mendapatkan pengetahuan dari hal-hal yang sepele.



                Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengetahuan bisa dimaknai sebagai segala sesuatu yang diketahui, kepandaian, atau segala sesuatu yang diketahui berkenaan dengan hal (mata pelajaran). Untuk pengertian yang terakhir ini tentunya kita semua juga memahami. Pengetahuan dan ilmu selalu dihubungkan dengan sekolah dan pendidikan. Padahal pengertian pengetahuan tidak hanya terbatas pada kedua hal tersebut. Kegiatan sehari-hari juga bisa memberikan pengetahuan, misalnya saat bermain, menonton televisi, mendengarkan radio, bermain internet, dan kegiatan ringan lainnya. Pengetahuan yag seperti itulah yang biasanya lebih mudah diingat dan melekat dalam pikiran kita. Karena sesungguhnya cara termudah untuk mendapatkan pengetahuan bukanlah dengan menghafal, tetapi memahami dan mencoba melakukannya.




7

                Berikut ini adalah pengertian pengetahuan menurut para ahli atau pakar.

  • Menurut Gordon, pengetahuan adalah fakta prosedur dimana bila dilakukan akan memenuhi kinerjayang mungkin.
  • Menurut Heidegger, pengetahuan adalah peristiwa yang membuat kesadaran manusia menjadi terang atau ada.
  • Menurut Nadler, pengetahuan adalah proses belajar mengenai kebenaran untuk engetahui apa yang harus diketahui untuk dilakukan.
  • Menurut Martin & Oxman, pengetahuan adalah kemampuan untuk membentuk model mental yang menggambarkan objek dengan tepat dan merealisasikannya dalam aksi pada suatu objek.
  • Menurut Pudjawidjana, pengetahuan adalah reaksi manusia atas rangsangannya oleh alam sekitar melalui sentuhan objek dengan indera.
  • Menurut Robert M.Z. Lawang, pengetahuan adalah segalanya yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari seseorang.
  • Menurut Ngatimin, pengetahuan adalah ingatan atas bahan-bahan yang telah dipelajari dan mengikat kembali sekumpulan bahan yang lebih luas.
  • Menurut Onny S. Prijono, pengetahuan adalah nilai yang membuat orang untuk selalu tahu (sadar) tentang apa yang dia lakukan dan mandiri.
  • Menurut Notoatmodjo, pengetahuan adalah hasil dari mengetahui yang didapat setelah melakukan penginderaan terhadap objek tertentu.
  • Menurut John Dewey, pengetahuan adalah perkembangan pandangan instrumentalis pragmatis, dimana kecerdasan dilihat sebagai penyesuaian yang sensitif dan fleksibel.
  • Menurut Subandi Al Amrsudi, pengetahuan adalah suatu kebenaran yang diterima oleh manusia, baik yang telah teruji menjadi ilmu maupun yang belum teruji.
  • Menurut McLaudon, pengetahuan adalah kejadian yang kognitif, bahkan fisiologis, yang terjadi dalam pikiran manusia.

                Berdasarkan pengertian pengetahuan menurut para ahli di atas, kita bisa lebih emahami dan mengerti konsepnya. Kesimpulannya, pengetahuan bisa diartikan sebagai segala hal yang diperoleh dari proses persentuhan pancaindera terhadap objek tertentu, bisa pula melalui proses belajar dan mengamati sekitar. Semoga bermanfaat bagi Anda dan mampu memberikan tambahan pemahaman yang baru.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian moral , pengertian kepemimpinan , pengertian saham , pengertian islam , pengertian www , pengertian cinta , pengertian blog , pengertian pengetahuan , pengertian laporan , pengertian browser , pengertian olahraga

terima kasih udah mau berkunjung ke website kami semoga bisa menjadi insfirasi buat pembaca

Related Posts