Pengertian Energi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pembahasan mengenai energi sering dijumpai dalam Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pengertian energi menurut para ahli juga bisa dipelajari di cabang ilmu yang sama. Istilah energi berasal dari bahasa Yunani ergon yang bermakna kerja. Namun, ada pula yang menyebutkan bahwa energi berasal dari kata energia (masih sama bahasa Yunani). Berdasarkan kaitannya dengan Ilmu Pengetahuan Alam, energi bisa diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha. Satuan untuk mengukur besarnya energi menurut SI (Standar Internasional) adalah Joule (J). hukum mengenai energi disebut dengan hukum termodinamika yang berbunyi “energi bersifat kekal, tidak dapat diciptakan, tidak pula dapat dimusnahkan, akan tetapi dapat berubah bentuk dari bentuk yang satu ke bentuk lainnya”.

                Energi merupakan hal yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu penerapan energi yang tidak bisa kita tinggalkan adalah energi listrik. Di zaman yang semuanya serba modern ini, semua hal yang dikerjakan setiap hari membutuhkan listrik untuk menggerakkannya. Begitu pentingnya energi dalam kehidupan makhluk hidup, terutama manusia yang mampu meningkatkan teknologi yang menopang kehidupannya dengan memanfaatkan energi. Energi memiliki berbagai bentuk yang dapat berubah. Perubahan-perubahan energi inilah yang sangat berguna bagi seluruh makhluk hidup. Sebagai manusia, tentunya kita dapat mengamati adanya perubahan-perubahan energi yang terjadi dalam keseharian kita meski tak dapat mengamati energi secara langsung.

9

Mengingat sangat pentingnya keberadaan energi bagi kehidupan, kita harus bisa memahami konsep dan pengertiannya lebih mendalam. Berikut ini pengertian energi menurut para ahli.

  • Menurut Campbell, Reece, dan Mitchell, energi adalah kemampuan untuk mengatur ulang suatu materi. Ringkasnya energi adalah kapasitas atau kemampuan melaksanakan kerja.
  • Menurut Arif Alfatah dan Muji Lestari, energi adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh benda agar benda dapat melakukan usaha. dalam kenyataannya setiap dilakukan usaha selalu ada perubahan.
  • Menurut Michael J. Moran, energi adalah konsep dasar termodinamika yang menjadi salah satu aspek penting dalam analisis teknik.
  • Menurut Aip Saripudin, energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha.
  • Menurut Young, kerja ialah energi yang telah dihasilkan. Hal ini berarti untuk melakukan suatu kerja dibutuhkan energi.
  • Menurut Robert L. Wolke, energi adalah kemampuan untuk membuat sesuatu terjadi.
  • Menurut Pardiyono, energi sebagai suatu bentuk kekuatan yang dihasilkan atau dimiliki oleh suatu benda.
  • Menurut Mikrajuddin, energi sebagai kemampuan benda untuk melakukan kerja.
  • Menurut Alvin Hadiwono, energi adalah segala sesuatu yang bergerak, serta memiliki hubungan dengan ruang dan waktu.
  • Menurut Sumantoro, energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha seperti mendorong atau menggerakkan suatu benda.
  • Menurut Enstein, energi merupakan perkalian antara massa dan kuadrat kecepatan cahaya.

                Berdasarkan beberapa definisi dan pengertian energi menurut para ahli di atas, kita dapat lebih memahami dan mengamati secara langsung dalam kehidupan sehari-hari wujud dari energi. Kesadaran bahwa energi tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia harus didukung juga dengan kesadaran untuk menghemat energi. Hal tersebut karena energi tidak dapat diperbaharui dan bisa habis sewaktu-waktu. Menghemat energi bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menghemat pemakaian energi listrik dan energi gas alam.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian energi , pengertian sosialisasi , pengertian hardware , pengertian website , pengertian hubungan internasional , pengertian wirausaha , pengertian pembelajaran , pengertian iman , pengertian nilai , pengertian pers , pengertian sepak bola

 

Related Posts