Pengertian KKN Menurut Para Ahli Adalah

 Pengetahuan

Pengertian KKN Menurut Para Ahli Adalah – Dalam sebuah negara, istilah KKN bukanlah hal yang baru. Apalagi bagi negara yang masih berkembang seperti Indonesia, dimana pengawasan sangat minim dan hukum belum bersikap tegas terhadap para pelanggar kasus tersebut. Banyak orang yang bilang kalau di negeri ini hukum masih seperti pisau yang tajam ke bawah tapi tumpul diatasnya. Nah, lalu apa ya hubungannya dengan KKN? Kata ini sering sekali disinggung di berbagai media, khususnya koran dan televisi karena akhir-akhir ini memang banyak pejabat yang melakukan KKN, baik yang sudah tertangkap atau pun masih diduga dan itu semua tidak lepas dari mata kamera yang lantas membuat kita miris. Sekarang kita pahami saja Pengertian KKN Menurut Para Ahli Adalah.

10

KKN adalah sebuah singkatan yang terdiri dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Korupsi sendiri diambil dari bahasa latin Corruptio yang artinya rusak, busuk. Jika dilihat dari artinya tentu anda sudah mulai menebak-menabak kalau korupsi, kolusi dan nepotisme itu pastilah hal yang tidak baik. Kita mulai bahas saja, Pengertian KKN Menurut Para Ahli Adalah sebagai berikut :

  1. Korupsi
  • Black’s Law Dictionary

Korupsi adalah perbuatan yang secara sengaja dilakukan untuk mencari keuntungan baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain dengan cara yang salah.

  • Wikipedia

Korupsi adalah perilaku pejabat baik dari kalangan politisi maupun pegawai negei yang memperkaya diri atau orang lain dengan cara ilegal menggunakan uang negara yang diamanatkan kepada mereka.

Dari dua pendapat itu, korupsi dapat diartikan sebagai tindakan ilegal memperkaya diri yang dilakukan pejabat negara dan biasanya telah terorganisir membentuk kelompok sehingga akan sulit membongkar jaringan ini karena semuanya akan saling tutup mulut.

  1. Kolusi
  • Wikipedia

Kolusi adalah kesepakatan antara pejabat pemerintah dengan pihak lain secara tersembunyi yang merugikan negara dengan dibarengi oleh pemberian suap dalam bentuk uang maupun hadiah.

Bisa diartikan bahwa kolusi ini adalah tindakan tidak jujur dari pejabat pemerintah yang memanfaatkan kekuasaannya dalam pengambilan keputusan yang hanya berdasarkan suap. Kolusi biasanya terjadi antara pemerintah dengan perusahaan. Agar perusahaan tersebut yang dipilih untuk bekerja sama pada sebuah proyek maka perusahaan akan menyuap pejabat yang berwenang dalam mengambil keputusan itu. Hal itu juga merugikan negara karena biasanya perusahaan tiak akan mau mengambil resiko rugi sehingga berdampak pada membengkaknya anggaran yang harus dikeluarkan negara untuk kerja sama tersebut karena perusaah itu menaikkan biaya.

  1. Nepotisme
  • Wikipedia

Nepotisme adalah keputusan untuk lebih memilih saudara, kerabat atau temannya dalam mempekerjakan seseorang dan bukan berdasarkan pada kemampuan mereka.

Nepotisme ini merugikan negara karena jika pemilihan tersebut hanya berdasarkan kekeluargaan, maka akan ada banyak kegoncangan dalam pemerintahan karena bisa jadi orang yang dipilih sebenarnya tidak mampu dalam bidang tersebut. Disamping itu, ketika seseorang mempekerjakan keluarganya atau orang terdekatnya maka aka n ada rasa tidak enak untuk menegur jika seandainya ada kesalahan yang dilakukan. Tindakan ini juga rawan memunculkan korupsi secara besar dan terstruktur.

Sekarang Anda pasti sudah lebih mengerti apa itu KKN. Jika Pengertian KKN Menurut Para Ahli Adalah tindakan yang sangat merugikan negara. Bagaimana menurut Anda?

Related Posts