Pengertian Silabus Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Bagi Anda yang berprofesi sebagai guru atau bekerja dalam bidang pendidikan pasti sudah tidak asing lagi dengan silabus, bahkan pengertian silabus menurut para ahli juga sudah familiar. Silabus memang pasti dipelajari, dibuat, ditelaah, dan digunakan oleh para pendidik dalam menjalankan perannya memberikan materi pembelajaran kepada siswanya. Silabus menjadi salah satu bahan ajar penting yang harus dimiliki agar penyampaian materi sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan adanya silabus, materi yang diajarkan oleh guru menjadi lebih sistematis, urut, dan terstruktur. Hal itu juga bisa meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahan ajar yang disampaikan.



                Apa sebenarnya silabus itu? Silabus bisa diartikan sebagai rencana pembelajaran mata pelajaran tertentu yang di dalamnya terdapat standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan bahan/alat ajar. Silabus dianggap sebagai seperangkat rencana yang berisi pokok-pokok pembelajaran yang didapatkan dari penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi, kegiatan, dan indikator pembelajaran untuk dinilai sesuai dengan standar penilaian yang ada. Pembuatan silabus diatur oleh kurikulum yang sedang berlaku saat itu. Bila dulu menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), pengembangan silabus diserahkan sepenuhnya atau menjadi hak bagi tia-tiap satuan pendidikan. Namun, dalam Kurikulum 2013 yang dipakai saat ini pengembangan silabus dilakukan secara terpusat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.




3

                Silabus dikembangkan berdasarkan PP RI No. 19 Tahun 2005 mengenai Standar Nasional. Dari dasar tersebut juga mulai muncul banyak pengertian silabus menurut para ahli. Berikut ini beberapa definisi dari para pakar tersebut.

  • Menurut Mulyasa, silabus adalah sebuah rencana pembelajaran dalam suatu mata pelajaran dengan tema tertentu yang berisi mengenai strandar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber yang dikembangkan oleh tiap-tiap satuan pendidikan.
  • Menurut About.com, silabus adalah dokumen yang dibuat oleh guru untuk memberikan pengetahuan awal kepada siswa mengenai pembelajaran yang akan dilakukan.
  • Menurut Salim, silabus adalah sebuah garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok materi pembelajaran.
  • Menurut Dictionary Reference, silabus adalah sebuah garis besar dari pokok-pokok pendidikan, subjek dari pendidikan, isi dari kurikulum, dan lain sebagainya.
  • Menurut Kurikulum 2013, silabus adalah seperangkat rencana dan aturan mengenai kegiatan pembelajaran, cara engelola kelas, dan cara menilai hasil belajar siswa.
  • Menurut Wikipedia, silabus adalah suatu garis besar dan ringkasan topik-topik dalam satuan pendidikan yang bersifat deskriptif sesuai dengan kurikulum.
  • Menurut Yulaelawati, silabus adalah seperangkat rencana dan sebuah aturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang dibuat secara sistematis dan terstruktur menurut komponen-komponen yang saling berhubungan dengan tujuan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.
  • Menurut The Free Dictionary, silabus adalah garis besar atau pokok-pokok dari suatu pembelajaran.

                Dari pengertian silabus menurut para ahli di atas, tersirat beberapa prinsip dasar dalam mengembangkan sebuah silabus. Prinsip-prinsip tersebut adalah ilmiah, relevan, sistematis, konsisten, memadai, aktual dan kontekstual, fleksibel, serta menyeluruh. Prinsip-prinsip tersebut menjadi dasar utama dan harus selalu ada dalam pengembangan sebuah silabus. Sebagai salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pembelajaran, silabus haruslah disusun dengan sangat cermat dan teliti.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian bencana alam , pengertian bandwidth , pengertian modernisasi , pengertian silabus , pengertian pelayanan publik dan prima , pengertian manajemen keuangan , pengertian seminar , pengertian perjanjian internasional , pengertian desain produk , pengertian biografi , pengertian corel draw

terima kasih udah mau berkunjung ke website kami semoga bisa menjadi insfirasi buat pembaca

Related Posts