Pengertian Ideologi Pancasila Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Ideologi Pancasila sudah bukan sesuatu asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Hal ini telah dipelajari sejak dini di usia Sekolah Dasar. Kelima sila Pancasila juga telah dihapalkan dan disarankan untuk diterapkan sejak kecil pada diri anak-anak. Namun, sudah pahamkah Anda dengan pengertian dan hakikat dari ideologi Pancasila? Termasuk dengan pengertian ideologi Pancasila menurut para ahli yang memegang peranan penting dalam pemahaman mengenai Pancasila. Sebagai warga negara dari bangsa yang merdeka dengan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, sudah selayaknya kita turut memahami dan mampu menjawab semua pertanyaan tersebut. Pancasila tak hanya butuh untuk dihapalkan, melainkan juga harus dipahami, direnungkan, dikaji, dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai ideologi Pancasila, mari kita pahami terlebih dahulu masing-masing makna dari ideologi dan Pancasila. Secara sederhana, ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan. Pengertian lainnya menyebutkan bahwa ideologi adalah suatu kumpulan gagasan, ide dasar, keyakinan, dan kepercayaan yang bersifat sistematis, memberikan arah dan tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara. Sedangkan pengertian Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang menjadi tonggak bangsa dalam kaitannya dengan berbagai macam segi kehidupan. Sehingga ideologi Pancasila memiliki makna yang tidak hanya berupa perenungan seseorang atau kelompok yang hanya membahas mengenai ideologi, tetapi merupakan kumpulan nilai atau norma yang meliputi sila-sila dalam Pancasila.

10

Di dalam pengertian ideologi Pancasila menurut para ahli juga termuat masing-masing pengertian ideologi dan pancasila yang dikemukakan oleh para pakar tersebut. Berikut pengertian ideologi dan pancasila menurut para ahli.

  • Menurut Karl Marx, ideologi adalah alat untuk mencapai kesetaraan dan kesejahteraan bersama dalam masyarakat.
  • Menurut Ali Syariati,  ideologi adalah keyakinan dan gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, kelas sosial, bangsa, atau ras tertentu.
  • Menurut M. Sastraprateja, ideologi adalah sebagai perangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang diorganisasikan menjadi sistem yang teratur.
  • Menurut Alfian,  ideologi adalah pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang cara yang baik secara moral dianggap benar dan adil, mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.
  • Menurut C.C. Rodee, ideologi adalah sekumpulan gagasan logis berkaitan dan mengidentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan pelakunya.
  • Menurut Murdiono, ideologi adalah kompleks pengetahuan dan nilai yang menjadi landasan bagi masyarakat untuk memahami bumi dan seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengelolanya.
  • Menurut Ir. Soekarno, Pancasila adalah jiwa bangsa Indonesia secara turun-temurun yang sekian abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat.
  • Menurut Muhamad Yamin, Pancasila adalah lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik.
  • Menurut Notonagoro, Pancasila adalah dasar falsafah negara Indonesia.

Berdasarkan pengertian ideologi dan Pancasila di atas, kita bisa mengetahui pengertian ideologi Pancasila menurut para ahli adalah suatu ajaran yang tersusun secara sistematis dan kebenarannya didasarkan atas nilai-nilai Pancasila. Sebagai ideologi Indonesia, Pancasila merupan suatu ideologi terbuka, yakni sistem pemikiran terbuka yang mempunyai ciri tidak bisa dipaksa dari pihak luar. Dasarnya bukan merupakan keyakinan sekelompok orang, melainkan dari hasil kesepakatan masyarakatnya.

Related Posts