Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Inovasi bisa disebut juga sebagai pembaharuan. Inovasi berasal dari bahasa Inggris, yakni innovation yang diartikan sebagai pembaharuan atau perubahan secara baru. Inovasi secara lebih lanjut bisa diartikan juga sebagai penemuan baru, berbeda dari yang sudah ada atau dikenal sebelumnya, tentang suatu hal. Pengertian secara singkat di atas bisa dilengkapi dengan pengertian inovasi menurut para ahli agar kita lebih memahaminya. Seperti makna yang telah dikemukakan sebelumnya, inovasi bisa ada di diri setiap orang. Orang yang kreatif akan memiliki inovasi yang beragam sehingga mampu memunculkan hal-hal baru yang belum pernah ada sebelumnya. Kreativitas tersebut yang tidak bisa dilepaskan dari inovasi. Semakin kreatif seseorang, maka semakin banyak inovasi-inovasi baru yang akan dihasilkannya.

6

                Berdasarkan pengertian di atas, Robbins memfokuskan istilah inovasi pada tiga hal utama, yakni

  • Gagasan baru, yaitu suatu olah piki dalam mengamati fenomena yang sedang terjadi. Gagasan baru ini dapat berupa penemuan dari suatu pemikiran, ide, sistem, hingga kemungkinan gagasan lama yang telah mengkristal.
  • Produk dan jasa, yaitu hasil langkah lanjutan dari adanya gagasan baru yang ditindaklanjuti dengan berbagai aktivitas, kajian, penelitian, dan percobaan. Langkah tersebut melahirkan konsep yang lebih nyata dalam bentuk produk dan jasa yang bisa dikembangkan dan diimplementasikan.
  • Upaya perbaikan, yaitu usaha sistematis untuk melakukan penyempurnaan dan melakukan perbaikan secara terus menerus hingga bisa dirasakan manfaatnya.

Selain pendapat Robbins di atas, masih ada beberapa pengertian inovasi menurut para ahli. Beberapa pengertian tersebut adalah sebagai berikut.

  • Menurut Everett M. Rogers, inovasi adalah suatu ide, gagasa, praktik, atau objek yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi.
  • Menurut Van de Ven, Andrew H., inovasi adalah pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang dalam jangka waktu tertentu dengan melakukan transaksi-transaksi dengan orang lain dalam suatu tatanan organisasi.
  • Menurut Kuniyoshi Urabe, inovasi adalahkegiatan yang tidak bisa dihasilkan dengan satu kali pukul, melainkan suatu proses yang panjang dan kumulatif, meliputi banyak proses pengambilan keputusan, mulai dari penemuan gagasan sampai implementasinya di pasar.
  • Menurut UU No. 18 Tahun 2002, inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.

Kesimpulannya bahwa inovasi merupakan suatu ide atau gagasan, hal-hal praktis, metode, cara, atau barang-barang yang dapat diamati atau dirasakan sebagai suatu yang baru bagi kehidupan manusia. Inovasi yang ditemukan dilakukan atau digunakan untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan.

                Selain pengertian inovasi menurut para ahli di atas, kita juga perlu mempelajari ciri-ciri inovasi. Inovasi memiliki empat ciri, yakni khas atau khusus, memiliki unsur baru, direncanakan, dan bertujuan. Keempat ciri tersebut wajib ada dalam sebuah inovasi agar inovasi yang dihasilkan bisa lebih baik dari hal yang sudah ada sebelumnya. Inovasi adalah sesuatu yang memang harus selalu ada agar tidak terjadi kebosanan dalam kehidupan ini.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian dasar negara , pengertian profesi , pengertian perusahaan , pengertian kepribadian , pengertian tasawuf , pengertian atom , pengertian inovasi , pengertian ip address , pengertian karakter , pengertian sosial , pengertian teknologi informasi

Related Posts