Pengertian Sosial Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Manusia disebut juga dengan makhluk sosial. Sebenarnya apa arti sosial? Mengapa manusia disebut dengan makhluk sosial? Berhubungankah istilah sosial dengan lingkungan di sekitar kita? Beragam pertanyaan tersebut coba kita pecahkan dalam artikel ini. Pengertian sosial menurut para ahli mungkin bisa membantu Anda dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Manusia secara umum dikatakan sebagai makhluk sosial karena manusia tak bisa hidup tanpa berhubungan dengan orang lain. Manusia tak bisa hidup sendiri di dunia ini. Bahkan untuk urusan sekecil apapun, manusia membutuhkan orang lain atau makhluk lain untuk membantunya. Jadi, uraian singkat tersebut bisa menjawab pertanyaan terakhir kita bahwa manusia sebagai makhluk sosial memang berhubungan dengan makhluk lain dan lingkungan di sekitar mereka.

99

                Lebih jelasnya, berikut ini adalah pengertian sosial menurut para ahli.

  • Menurut Lewis, sosial adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga negara dan pemerintahannya.
  • Menurut Keith Jacobs, sosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas.
  • Menurut Ruth Aylett, sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi.
  • Menurut Paul Ernest, sosial dianggap lebih dari sekadar jumlah manusia secara individu karena mereka terlibat dalam berbagai kegiatan bersama-sama.
  • Menurut Philip Wexler, sosial adalah sifat dasar dari setiap individu manusia.
  • Menurut Enda M. C., sosial adalah cara tentang bagaiaman para individu saling berhubungan.
  • Menurut Lena Dominelli, sosial adalah bagian tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan rasa maklum atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya.
  • Menurut Peter Herman, sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai perbedaan namun tetap sebagai satu kesatuan.
  • Menurut Engin Fahri, sosial adalah sebuah inti dari hubungan para individu walau masih diperdebatkan tentang pola hubungan para individu tersebut.

Kesemua pengertian di atas bisa kita tarik kesimpulannya, sosial adalah sifat dasar manusia yang membutuhkan kehadiran orang lain, meski berbeda mereka tetap memiliki hubungan sebagai individu yang hidup bersama. Manusia memang tak bisa dilepaskan dari manusia yang lain, karena mereka memang diciptakan untuk saling bersama. Anda pasti pernah kan mendengar pepatah, setiap orang diciptakan saling berpasangan? Nah, hal tersebut sudah menandakan bahwa manusia tak bisa hidup sendiri.

Dari pengertian sosial menurut para ahli di atas, kita bisa mengetahui bahwa sosial diartikan sebagai sekumpulan, bukanlah pribadi sendiri. Sosial itu berkenaan dengan masyarakat dan diperlukan adanya komunikasi antar individu tersebut. Untuk itulah muncul kata-kata yang berhubungan dengan sosial, seperti sosialis, sosialisasi, sosialisme, dan sosialistis. Kata-kata tersebut tetap merujuk pada istilah sosial yang telah dibahas sebelumnya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian dasar negara , pengertian profesi , pengertian perusahaan , pengertian kepribadian , pengertian tasawuf , pengertian atom , pengertian inovasi , pengertian ip address , pengertian karakter , pengertian sosial , pengertian teknologi informasi

Related Posts