Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Teknologi informasi yang biasa disingkat dengan istilah TI  atau biasa disebut juga dengan IT  merupakan hal yang sangat diminati oleh banyak orang saat ini, terutama oleh remaja dan anak-anak. Perkembangan zaman menuntut setiap orang bisa mengaplikasikan teknologi informasi dengan benar. Untuk bisa memahami mengenai TI, tidak ada salahnya bila kita juga mempelajari pengertian teknologi informasi menurut para ahli. Perkembangan dunia IT yang semakin luas membuat banyak pengertian IT yang dikemukakan oleh para ahli. Pengertian-pengertian tersebut dipaparkan secara jelas dan membuat kita lebih memahami konsepnya.

1010

                Di bawah ini adalah pengertian teknologi informasi menurut para ahli.

  • Menurut Haag dan Keen, teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda untuk bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemprosesan informasi.
  • Menurut Martin, teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
  • Menurut Ward and Peppard, teknologi informasi atau yang biasa disingkat dengan TI secara spesifik mengacu pada teknologi, baik berupa hardware, software maupun jaringan telekomunikasi yang memfasilitaskan dan mendukung proses pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran dan pertukaran informasi.
  • Menurut Mc Keown, teknologi Informasi merujuk pada seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk menciptakan, menyimpan, mengubah, dan untuk menggunakan informasi tersebut dalam segala bentuknya.
  • Menurut Willams dan Sawyer, teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.
  • Menurut Kenneth C.Loudon, teknologi Informasi adalah salah satu alat yang digunakan para manajer untuk mengatasi perubahan yang terjadi. Dalam hal ini perubahan yang dimaksud adalah perubahan informasi yang sudah diproses dan dilakukan penyimpanan sebelumnya di dalam komputer.
  • Menurut Turban, Rainer, dan Potter, teknologi informasi adalah kumpulan dari komponen teknologi individu yang secara khusus diatur dalam komputer berbasis sistem informasi.
  • Menurut Martin, Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins, teknologi Informasi merupakan kombinasi teknologi komputer yang terdiri dari perangkat keras dan lunak untuk mengolah dan menyimpan informasi dengan teknologi komunikasi untuk melakukan penyaluran informasi. Di sini teknologi komunikasi digunakan sebagai alat penyaluran informasinya, sedangkan informasinya diolah dan disimpan dalam komputer.

Dari beberapa pengertian teknologi informasi menurut para ahli di atas, teknologi informasi bisa disimpulkan sebagai  gabungan yang mencakup teknologi komputer dan teknologi yang berkaitan dengan telekomunikasi. Perkembangan dunia teknologi informasi yang begitu cepat memunculkan budaya baru dalam masyarakat sebab adanya pola atau sisten komunikasi dan penyiaran informasi yang baru pula. Dengan adanya teknologi informasi ini, seseorang tak perlu bertatap muka langsung bila ingin berkomunikasi dengan orang lain, apalagi bila mereka dipisahkan dengan jarak yang cukup jauh. Selain itu, pertukaran dan pengiriman informasi bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa mengenal batas waktu maupun jarak. Salah satu hasil dari kemajuan teknologi informasi saat ini adalah adanya sistem atau aplikasi yang memberi penawaran tentang metode komunikai yang lebih efektif dan lebih menyenangkan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian teknologi informasi , pengertian penduduk , pengertian metode , pengertian hasil belajar , pengertian multimedia , pengertian iklan , pengertian keluarga , pengertian diskusi , pengertian dns , pengertian puasa , pengertian antropologi

 

Related Posts