Manfaat khasiat Bubur Kacang Hijau (Ijo) untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

 Kesehatan

Sebagai salah satu dari keluarga kacang-kacangan, kacang hijau sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Tak sedikit yang mengetahui bahwa kacang hijau memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat bagi kesehatan dan juga bagi ibu hamil. Cara mengonsumsi kacang hijau pun beraneka ragam, bisa diolah menjadi kolak, sup, kue, dan juga bubur. Untuk olahan bubur, kacang hijau biasa disajikan dengan campuran ketan hitam, roti, dan bubur sumsum yang diberi kuah santan manis. Manfaat bubur kacang hijau (ijo) untuk kesehatan dan ibu hamil tidak berbeda dengan khasiat yang diberikan oleh kacang hijau itu sendiri. Pengolahan yang beraneka ragam hanya menambah cita rasa dan motivasi agar masyarakat semakin gemar menyantap kacang hijau.

Kacang hijau memiliki nama Latin Phaseolus Aereus yang termasuk dalam jenis polong-polongan yang banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya yang enak dan khasiatnya yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Meski bentuknya sangat kecil bila dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan yang lain, kacang hijau memiliki kandungan protein nabati yang sangat tinggi. Tak hanya itu, kacang hijau juga merupakan sumber mineral yang sangat baik dan penting bagi tubuh. Nutrisi dan mineral yang ada di dalam kacang hijau tak hanya baik bagi orang dewasa saja, melainkan juga baik bagi balita.

11

Kacang hijau memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, diantaranya kalsium dan fosfor yang sangat diperlukan bagi tubuh. Kacang hijau juga mengandung lemak jenuh sebanyak 23% dan lemak tak jenuh sebanyak 73% sehingga bisa dipastikan bahwa kacang hijau sangat sehat dan baik untuk Anda yang berkeinginan menurunkan berat badan atau menjaga berat badan tetap proporsional. Kandungan inilah yang juga baik untuk ibu hamil. Selain mineral dan protein, kacang hijau juga kaya akan serat, vitamin A, zat karotenoid, mineral essensial, vitamin B6, dan yang terpenting adalah rendah kalori. Berbagai macam kandungan itulah yang membuat manfaat bubur kacang hijau (ijo) untuk kesehatan dan ibu hamil sangat beragam.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bubur kacang hijau bagi kesehatan tubuh.

  • Meningkatkan sistem syaraf karena kandungan B1 di dalamnya.
  • Menyembuhkan luka dan membantu menjaga kesehatan jaringan tubuh
  • Menyembuhkan kanker usus karena kandungan serat yang cukup tinggi baik untuk membersihkan pencernaan dari zat-zat yang beracun.
  • Menurunkan kolesterol karena mengandung lemak tak jenuh yang cukup tinggi.
  • Menjaga kesehatan mata karena kandungan vitamin A.
  • Melancarkan aliran darah dan membantu menghilangkan lemak jenuh di pembuluh darah nadi.
  • Antioksidan yang membantu mencegah penuaan dini serta mencegah kanker.

Manfaat bubur kacang hijau (ijo) untuk kesehatan dan ibu hamil. Selain untuk kesehatan, kacang hijau juga baik bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan sangat disarankan untuk mengonsumsi kacang hijau karena kaya akan vitamin B1, B2, asam folat, karbohidrat, lemak tak jenuh, kalsium, fosfor, dan protein sehingga sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin. Tentunya seluruh khasiat dan manfaat dari kacang hijau tersebut bisa didapatkan bila diolah dan dimasak dengan benar.

Related Posts