Manfaat khasiat Buah, Kulit, dan Jus Semangka untuk Kesehatan

 Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal buah semangka? Buah yang menyegarkan karena memiliki kandungan air yang cukup tinggi ini merupakan salah satu buah yang disukai banyak orang. Buah ini digemari tak hanya karena rasanya yang enak dan menyegarkan, tetapi juga karena banyaknya manfaat buah, kulit, dan jus semangka untuk kesehatan. Buah semangka mengandung banyak likopen yang berfungsi untuk mengurangi risiko kanker karena likopen mempunyai kekuatan antioksidan yang lebih baih=k bila dibandingkan dengan betakaroten. Buah semangka juga mengandung kalori, natrium, karbohidrat, serat, dan gula. Dalam satu cangkir buah semangka yang dipotong dadu, terkandung vitamin A, vitamin C, besi, dan kalsium yang bisa didapat setiap hari.

Selain nutrisi dan vitamin yang telah dipaparkan di atas, seangka juga mengandung niasin, thiamin, lycopene, riboflavin, folat, vitamin B6, asam pantotenat, fosfor, kalium, seng, magnesium, tembaga, mangan, kolin, selenium, dan betaine. Khusus untuk lycopene, kandungan di dalam semangka lebih banyak dibandingkan di buah atau sayuran lainnya. Buah semangka bisa dikonsumsi secara langsung atau bisa juga diolah menjadi minuman jus yang segar dan menyehatkan. Meski diolah menjadi minuman, kandungan nutrisi dan vitamin di dalam jus semangka tidak berbeda dengan buah aslinya. Bahkan kandungannya bisa jadi lebih keluar dan bertambah asalkan pembuatan jusnya tidak dicampur dengan gula atau bahan-bahan lainnya. Beberapa ahli menyarankan bahwa dalam pembuatan jus semangka diusahakan tanpa menggunakan gula, es, bahkan tanpa air.

10

Manfaat buah, kulit, dan jus semangka untuk kesehatan bisa diuraikan dengan sangat jelas karena telah banyak diteliti oleh para ahli. Manfaat buah dan jus semangka tidak bisa dianggap remeh karena sangat banyak dan sangat baik bagi kesehatan. Berikut ini adalah anfaat yang bisa didapatkan dari buah semangka.

  • Untuk mencegah penyakit asma karena semangka mengandung vitamin C.
  • Mengurangi tekanan darah pada pergelangan kaki, tekanan darah brakialis, dan refleksi gelombang karotis pada orang dewasa yang menderita kelebihan berat badan. Ekstrak semangka juga bisa meningkatkan fungsi arteri dan melindungi diri dari penyakit jantung.
  • Mencegah penyakit kanker karena semangka terbukti sebagai sumber antioksidan yang sangat baik. Kandungan lycopene di dalam semangka juga bisa menurunkan risiko penyakit kanker.
  • Kandungan air yang sangat banyak di dalam semangka mampu memperlancar pencernaan, menjadikanny lebih sehat, dan mencegah sembelit.
  • Menghindarkan diri dari dehidrasi karena penuh dengan kandungan air dan elektrolit yang sangat penting bagi tubuh, terutama dalam cuaca panas.
  • Kandungan kolin membantu mempertahankan struktur membran sel, membantu transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan.
  • Mengurangi nyeri otot dan meningkatkan pemulihan tubuh setelah berolahraga karena kandungan asam amino L-citruline.

Manfaat buah, kulit, dan jus semangka untuk kesehatan. Selain buah dan jusnya, kulit semangka juga menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan. Manfaat kulit semangka adalah bisa melindungi kulit dari radikal bebas karena kandungan likopen. Bila dipakai sebagai masker, kulit semangka akan meringkas pori-pori dan membuat wajah menjadi lebih segar, bersih, dan menyamarkan flek hitam dengan pemakaian teratur. Bagi Anda yang berjerawat, bisa memanfaatkan kulit semangka sebagai olesan di area yang berjerawat.

Related Posts