Pengertian Variabel Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Variabel memiliki banyak sekali kaitan maknanya. Selama ini yang sering sekali muncul dalam dunia pendidikan dan penelitian adalah variabel penelitian. Untuk mencari pengertian variabel menurut para ahli tidaklah sulit, apalagi bila dikaitkan dengan penelitian. Selama ini Anda pasti sudah sering mendengar istilah variabel bila berkecimpung di dunia penelitian. Nah, sudah pahamkah Anda apa itu variabel? Seperti apa konsep variabel dan berbagai jenisnya? Bagaiana penganalisisan variabel tersebut di dalam penelitian? Oleh karena hal itu, sangat perlu bagi Anda untuk memahaminya agar kegiatan penelitian Anda berjalan dengan lancar dan bisa mengupas hal yang Anda teliti dengan lebih rinci dan mendalam.

8

                Disebut dengan istilah variabel karena dianggap ada variasinya. Segala hal yang bervariasi bisa disebut dengan variabel. Misalnya saja, tinggi badan sesorang bisa dikatakan variabel karena setiap orang memiliki tinggi badan yang berbeda. Demikian juga halnya dengan prestasi belajar siswa juga bisa dianggap sebagai variabel karena setiap siswa memiliki prestasi yang berbeda-beda. Variabel bisa didefinisikan dari berbagai segi, yakni pendidikan, penelitian, bahkan statistik. Berikut ini adalah beberapa pengertian variabel menurut para ahli statistik.

  • Menurut hatch dan Farhady, variabel adalah objek yang mempunyai variasi atau perbedaan dengan objek lainnya.
  • Menurut Kerlinger, variabel adalah sifat yang diambil dari suatu nilai yang berlainan.
  • Menurut Robbin Paerson, variabel adalah seluruh karakteristik umum yang bisa diukur dan bisa berubah dalam intensitas dan keluasan.
  • Menurut Kidder, variabel adalah kualitas yang dipelajari oleh peneliti dan dapat ditarik kesimpulannya.
  • Menurut Eddy S. S., variabel adalah objek penting yang terdapat di dalam riset dan dilakukan penelitian terhadapnya.
  • Menurut Bagja Waluya, variabel adalah gejala bervariasi yang dianalisis dalam penelitian.
  • Menurut Bhisma Murti, variabel adalah fenomena yang memiliki variasi nilai untuk dikaji dalam penelitian.
  • Menurut Soekidjo Notoatmodjo, variabel adalah ciri yang dimiliki anggota-anggota yang terdapat di dalam satu kelompok yang berbeda dengan yang dimiliki oleh kelompok yang lainnya.
  • Menurut Sodigyo Sastroasmoro, variabel adalah karakteristik dari subyek penelitian yang berubah dari satu subjek ke subjek lainnya.
  • Menurut Sutrisno Hadi, variabel adalah objek yang akan diteliti karena memiliki variasi.
  • Menurut Tia Mutiara, variabel adalah hal yang menjadi fokus sekaligus memberi pengaruh dan mempunyai nilai sehingga bisa berubah.
  • Menurut Freddy Rangkuti, variabel adalah konsep yang memiliki variasi nilai dan dapat dikelompokkan menjadi 4 skala, yakni nominal, ordinal, internal, dan rasio.

 Kesemua pengertian variabel menurut para ahli di atas bisa disimpulkan dengan pengertian yang lebih mudah untuk dipahami.  Variabel bisa diartikan sebagai sebuah objek penelitian yang memiliki variasi atau perbedaan dari satu hal ke hal yang lainnya. Variabel perlu dipelajari karena berfungsi untuk memudahkan kita dalam memahami permasalahan yang ingin dikaji atau diteliti. Seolah-olah variabel ini bisa memberikan jawabn kepada Anda atau paling tidak bisa memberikan prediksi. Semoga pengetahuan singkat ini bisa semakin menambah pengetahuan Anda mengenai apa itu variabel. Tak ada salahnya mempelajari hal baru yang bermanfaat.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian asuransi , pengertian jurnal , pengertian ijtihad , pengertian isp , pengertian pemasaran , pengertian masyarakat madani , pengertian resensi , pengertian microsoft excel , pengertian pemilu , pengertian manusia , pengertian paradigma , pengertian http , pengertian variabel , pengertian wifi , pengertian demokrasi pancasila , pengertian protein , pengertian dasar negara

Related Posts