Pengertian TIK Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini menjadi hal yang sangat diminati oleh banyak orang. Saking populernya, TIK telah menjadi salah satu cabang ilmu di banyak universitas terkemuka di dunia. Sebenarnya apa itu TIK? Apa pula pengertian TIK menurut para ahli? Istilah Teknologi Informasi Dan Komunikasi sudah sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam dunia kegiatan pembelajaran. Namun, ada sebagian orang yang mengartikannya secara sempit, yaitu yang mengidentikkan TIK itu dengan komputer atau internet saja. Akibatnya, setiap ada pembicaraan mengenai TIK, maka yang terlintas di dalam pemikiran yang bersangkutan adalah komputer atau internet.

10

                Sebelum menelaah mengenai pengertian TIK menurut para ahli, kita pelajari terlebih dahulu informasi berikut ini. Menurut Puskur Diknas Indonesia, teknologi informasi dan komunikasi mencakup dua aspek, yakni teknologi informasi danteknologi komunikasi. Secara rinci didefinisikan sebagai berikut.

  • Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
  • Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Dari kedua penjelasan rinci di atas dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah dua hal tak terpisahkan yang menganduk pengertian luas mengenai segala kegiatan yang terkait dengan pemprosesan, manipulasi, pengelolaan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

                Selain definisi menurut Puskur Diknas Indonesia di atas, masih ada lagi pengertian TIK menurut para ahli. Berikut ini adalah beberapa definisi yang telah dikemukakan oleh para pakar teknologi komunikasi.

  • Menurut Eric Deeson, teknologi informasi dan komunikasi  adalah kebutuhan manusia didalam mengambil dan memindahkan , mengolah dan memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.
  • Menurut Haag dan Keen, teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
  • Menurut Anatta Sannai, teknologi informasi dan komunikasi adalah sebuah media atau alat bantu dalam memperoleh pengetahuan antara seseorang kepada orang lain.
  • Menurut Martin, teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
  • Menurut Kenneth C. Loudon, teknologi informasi adalah salah satu alat yang digunakan para manajer untuk mengatasi perubahan yang terjadi. Dalam hal ini perubahan yang dimaksud adalah perubahan informasi yang sudah diproses dan dilakukan penyimpanan sebelumnya di dalam komputer.
  • Menurut William dan Sawyer, teknologi komunikasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
  • Menurut Susanto, teknologi  informasi dan komunikasi  adalah sebuah media atau alat bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data / informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah.
  • Menurut Lucas, teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian tik , pengertian distribusi , pengertian komunitas , pengertian hukum pidana , pengertian biologi , pengertian desain , pengertian tema , pengertian sastra , pengertian hujan asam , pengertian linux , pengertian giro , pengertian chatting

 

Related Posts