Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Menjadi sebuah bagian dari komunitas pastilah sangat menyenangkan. Hal tersebut karena kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa secara terus menerus hidup secara individu. Komunitas yang terbentuk di masyarakat sangatlah beragam. Ada komunitas motor, pencinta alam, pencinta kuliner, pencinta hewan peliharaan tertentu, dan berbagai komunitas menarik dan unik lainnya. Bagi Anda yang saat ini tengah menjadi salah satu anggota dari komunitas, sudah pahamkah Anda mengenai konsep komunitas? Serta tahukah Anda beberapa pengertian komunitas menurut para ahli? Tak ada salahnya kita mencari tahu hal tersebut, agar kita tidak hanya menjadi sebuah bagian dari komunitas melainkan juga bisa lebih memahami konsepnya dengan benar. Karena tidak sedikit komunitas yang ada sekarang ini lebih mengarah ke hal-hal yang bersifat negatif.

2

                Kita ketahui terlebih dahulu asal mula istilah komunitas, sebelum memulai pembahasan mengenai pengertian komunitas menurut para ahli. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti kesamaan. Istilah ini juga bisa didapatkan dari kata communis yang bermakna sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak. Secara umum, pengertian suatu perkumpulan dari beberapa orang untuk membentuk satu organisasi yang memiliki kepentingan bersama. Komunitas dapat bersifat territorial atau fungsional.  Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Selain itu, komunitas bisa merujuk pada pengertian warga dalam sebuah kota, desa, atau bahkan negara tertentu.

                Berikut ini pengertian komunitas menurut beberapa ahli.

  • Menurut George Hillery Jr., komunitas adalah sekumpulan orang yang hidup di satu wilayah dan memiliki ikatan untuk melakukan interaksi satu sama lain.
  • Menurut Sumijatun, komunitas adalah sekelompok masyarakat yang mempunyai persamaan nilai (values), perhatian (interest) yang merupakan kelompok khusus dengan batas-batas geografi yang jelas, dengan norma dan nilai yang telah melembaga.
  • Menurut Kertajaya Hermawan, komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values.
  • Menurut Christensson dan Robinson, komunitas adalah orang-orang yang hidup di suatu daerah yang secara geografis itu terbatas, mereka melakukan komunikasi satu dengan yang lain dan memiliki ikatan batin antarsesama dan wilayah di tempat tersebut.
  • Menurut Soenarno, komunitas adalah sebuah identifikasi dan interaksi sosial yang dibangun dengan berbagai dimensi kebutuhan fungsional.
  • Menurut Fairi, komunitas adalah sebuah hasil dari berkumpulnya masyarakat dalam jumlah kecil dan terlibat dalam tempat yang sudah ditentukan.
  • Menurut Soekanto, komunitas adalah bagian masyarakat yang bertempat tinggal di suatu wilayah (geografis) dengan batas-batas tertentu dan faktor utama yang menjadi dasar adalah interaksi yang lebih besar di antara anggotanya, dibanding dengan penduduk di luar batas wilayahnya.

Dari beberapa pengertian ahli di atas, dapat disimpulkan secara sederhana bahwasanya komunitas adalah sekumpulan orang yang mempunyai tujuan yang sama dan ingin berbagi satu sama lain. Pembentukan sebuah komunitas tidaklah terlalu rumit, asalkan ada beberapa orang yang mempunyai hobi atau aktivitas yang sama dan selalu berkumpul secara rutin sudah bisa dijadikan sebuah komunitas.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian tik , pengertian distribusi , pengertian komunitas , pengertian hukum pidana , pengertian biologi , pengertian desain , pengertian tema , pengertian sastra , pengertian hujan asam , pengertian linux , pengertian giro , pengertian chatting

Related Posts