Pengertian Biologi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pengertian biologi menurut para ahli bisa ditelusuri dari asal istilahnya. Berkembangnya ilmu dan pengetahuan membuat semakin banyak ahli yang mendefinisikannya. Biologi adalah salah satu cabang ilmu sains. Ilmu biologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan makhluk hidup dan kehidupannya. Berbagai hal yang dibahas dalam ilmu biologi masih berkaitan dengan makhluk hidup, misalnya zat yang membentuk makhluk hidup, hubungan antara makhluk hidup satu dengan yanglainnya, dan zat-zat apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh. Ilmu biologi pertama kali dirintis oleh Aristotele yang berasal dari Yunani dan kemudian dikenal dengan Bapak Biologi.

4

                Istilah bilogi berasal dari bahasa Yunani bios dan logos. Bios yang bermakna hidup dan logos yang bermakna ilmu. Sehingga secara istilahnya biologi disebut juga dengan ilmu tentang kehidupan. Ilmu biologi tak hanya membicarakan kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan. Namun, cabang ilmu sains ini juga mengungkapkan tentang kehidupan di samudera luas, hutan belantara, dan seantero jagat bumi ini. Ilmu biologi juga bisa menjadi media untuk menyejahterahkan kehidupan manusia melalui penemuan bibit unggul, penemuan obat-obatan, serta pemenuhan kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Ilmu biologi mampu mengungkap keterkaitan antara makhluk hidup, makhluk tak hidup, dan benda mati.

                Di awal telah dijelaskan bahwa ilmu biologi semakin berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan tersebut memunculkan banyak sekali pakar biologi. Para ahli tersebut mengutarakan pendapat mereka mengenai definisi biologi. Berikut ini adalah beberapa pengertian biologi menurut para ahli.

  • Menurut Orman Karmana, biologi adalah ilmu yang dapat menunjang ilmu-ilmu lainnya dalam memecahkan suatu permasalahan.
  • Menurut Fiktor Ferdinand P. dan Moekti Ariwibowo, biologi adalah ilmu tentang makhluk hidup beserta lingkungannya. Biologi mempunyai cabang-cabang tersendiri yang mempelajari lebih spesifik lagi tentang makhluk hidup.
  • Menurut Deswaty Furqonita dan M. Biomed, biologi adalah ilmu yang mempelajari dan mengkaji segala sesuatu tentang makhluk hidup.

                Sesuai dengan pengertian ilmu biologi yang disampaikan oleh Fiktor Ferdinand dan Moekti Ariwibowo di atas, biologi memiliki cabang-cabang ilmu yang lebih khusus lagi untuk dipelajari. Berbagai cabang ilmu biologi tersebut terdapat pada setiap kelopok organisme, yakni botani (ilmu tentang tumbuhan), zoology (ilmu tentang hewan), dan mikrobiologi (ilmu mengenai jasad renik). Berbagai aspek kehidupan pun dikaji dalam ilmu sains yang satu ini, misal anatomi (ilmu tentang ciri-ciri fisik bagian tubuh), fisiologi (ilmu tentang fungsi tubuh), etologi (ilmu tentang perilaku hewan), evolusi (ilmu tentang perkembangan ciri fisik manusia dalam kurun waktu tertentu), ekologi (ilmu tentang interaksi antar sesama makhluk dengan alam sekitar), dan genetika (ilmu tentang mekanisme pewarisan sifat dalam upaya menjaga kelangsungan hidup).

                Di samping pengertian biologi menurut para ahli, ada pula ciri dari ilmu biologi. Biologi bersifat tentatif, yakni terus berubah sesuai dengan berkembangnya waktu. Perubahan yang terjadi dalam ilmu biologi dipengaruhi oleh penemuan-penemuan baru, perkembangan ilmu lain yang terkait, atau perkembangan teknologi. Selain itu biologi bersifat universal, yakni ilmu biologi berlaku untuk seluruh dunia. Pengetahuan yang dipelajari dalam segala hal yang berkaitan dengan biologi selalu sama di seluruh dunia, bahkan yang berhubungan dengan dunia kedokteran.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian tik , pengertian distribusi , pengertian komunitas , pengertian hukum pidana , pengertian biologi , pengertian desain , pengertian tema , pengertian sastra , pengertian hujan asam , pengertian linux , pengertian giro , pengertian chatting

Related Posts