Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pengertian perubahan sosial sangatlah luas, hal ini dikarenakan istilah sosial memiliki cakupan yang tak terbatas. Sosial bisa dikaitkan dengan norma sosial, nilai sosial, interaksi sosial, perilaku manusia, organisasi sosial, lembaga masyarakat, dan lain sebagainya. Keluasan makna tersebut membuat pengertian perubahan sosial menurut para ahli juga sangat banyak dan beragam. Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

1

Sebelum membahas mengenai pengertian perubahan sosial menurut para ahli, kita pahami dulu konsepnya. Pada dasarnya, setiap masyarakat dapat dipastikan akan mengalami perubahan-perubahan. Adanya perubahan-perubahan tersebut dapat diketahui bila kita melakukan suatu perbanding­an dengan menelaah suatu masyarakat pada masa tertentu yang kemudian kita bandingkan dengan keadaan masyarakat pada waktu yang lampau. Perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat, merupakan suatu proses yang berkesinambungan. Akan tetapi, perubahan yang terjadi antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain tidak sama. Hal ini karena adanya masyarakat yang meng­alami perubahan lebih cepat dibandingkan dengan masyarakat lainnya. Perubahan tersebut dapat berupa perubahan-perubahan yang tidak menonjol atau samar. Di samping itu ada juga perubahan-perubahan yang prosesnya lambat dan perubahan yang berlangsung dengan cepat.

Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat bukanlah fenomena baru, demikian pula dengan pengertian perubahan sosial menurut para ahli. Berikut ini adalah definisi perubahan sosial yang telah dibuat oleh para pakar.

  • Menurut Kingsley Davis, perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.
  • Menurut Robert M. I. Lawang, perubahan sosial adalah proses ketika dalam suatu sistem sosial terdapat perbedaan-perbedaan yang dapat diukur yang terjadi dalam suatu kurun waktu tertentu.
  • Menurut MacIver mengatakan, perubahan sosial adalah perubahan dalam hubungan sosial (social relationships) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial.
  • Menurut Max Iver, perubahan sosial adalah perubahan-perubahan dalam hubungan sosial, atau perubahan terhadap keseimbangan sosial tersebut.
  • Menurut JL. Gillin dan JP. Gillin mengatakan, perubahan sosial adalah suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan-perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, idiologi maupun karena adanya difusi ataupun penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.
  • Menurut Bruce J. Cohen, perubahan sosial adalah perubahan struktur sosial dalam organisasi sosial sehingga syarat dalam perubahan itu adalah sistem sosial, perubahan hidup dalam nilai sosial dan budaya masyarakat.
  • Menurut Samuel Koening, perubahan sosial adalah modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia.
  • Menurut Roucek dan Warren, perubahan sosial sebagai perubahan dalam proses sosial atau dalam struktur masyarakat
  • Menurut Selo Soemardjan, perubahan sosial adalah segala perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.
  • Menurut Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi, perubahan sosial merupakan suatu proses perubahan, modifikasi, atau penyesuaian-penyesuaian yang terjadi dalam pola hidup masyarakat, yang mencakup nilai-nilai budaya, pola perilaku kelompok masyarakat, hubungan-hubungan sosial ekonomi, serta kelembagaan-kelembagaan masyarakat, baik dalam aspek kehidupan material maupun nonmateri.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian promosi , pengertian perubahan sosial , pengertian algoritma , pengertian matematika , pengertian aplikasi , pengertian modal , pengertian struktur sosial , pengertian cv , pengertian wawasan nusantara , pengertian teater , pengertian tik

Related Posts