Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pengertian aplikasi menurut para ahli tidaklah sulit untuk ditemukan. Istilah aplikas yang telah menjamur dan semakin banyak digunakan membuatnya menjadi bahan penelitian yang menarik. Sebenarnya apa itu aplikasi? Istilah ini berasal dari bahasa Inggris “application” yang bermakna penerapan, lamaran, atau penggunaan. Bila dimaknai secara istilah, aplikasi adalah suatu program yang siap untuk digunakan yang dibuat untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna jasa aplikasi serta penggunaan aplikasi lain yang dapat digunakan oleh suatu sasaran yang akan dituju. Menurut sebuah kamus komputer eksekutif, aplikasi mempunyai arti yaitu pemecahan masalah yang menggunakan salah satu tehnik pemrosesan data aplikasi yang biasanya berpacu pada sebuah komputansi yang diinginkan atau diharapkan maupun pemrosesan data yang diharapkan.

                Sebelum membicarakan mengenai pengertian aplikasi menurut para ahli, kita ketahui dulu sejarahnya. Awalnya sebelum aplikasi menjadi secanggih sekarang, perangkat lunak menggunakan aljabar Boolean yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar/on) atau 0 (salah/off). Cara ini sangat menyulitkankan sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit). Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin masih cukup sulit karena tuntutan untuk dapat menghapal kode tersebut dan format penulisannya yang membingungkan. Dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi (bahasa Inggris). Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks, dengan urutan proses yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya.

4

                Sejarah perkembangan aplikasi di atas memang cukup menarik untuk diikuti. Mengetahui perkembangan aplikasi komputer memang tidak akan ada habisnya. Untuk semakin menambah pemahaman kita, lebih lengkap bila kita juga mengetahui definisi aplikasi yang diutarakan oleh para pakar. Berikut ini adalah pengertian aplikasi menurut para ahli.

  • Menurut Ali Zaki dan Smitdev Community, aplikasi adalah komponen yang berguna melakukan pengolahan data meupun kegiatan-kegiatan seperti pembuatan dokumen atau pengolahan data.
  • Menurut Jogiyanto, aplikasi adalah penggunaan dalam suatu komputer, instruksi (instructiom) atau pernyataan (statement) yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat memproses input menjadi output.
  • Menurut Hengky W. Pramana, aplikasi adalah satu unit perangkat lunak yang dibuat untuk melayani kebutuhan akan beberapa aktivitas seperti sistem perniagaan, game, pelayanan masyarakat, periklanan, atau semua proses yang hampir dilakukan manusia.
  • Menurut Sri Widianti, aplikasi adalah sebuah perangkat lunak yang menjadi front end dalam sebuah sistem yang digunakan untuk mengolah data menjadi suatu informasi yang berguna orang-orang dan sistem yang bersangkutan.
  • Menurut Harip Santoso, aplikasi adalah suatu kelompok file (form, class, report) yang bertujuan untuk melakukan aktivitas tertentu yang saling terkait, misalnya aplikasi payroll, aplikasi fixed asset, dll.
  • Menurut Yuhefizar, aplikasi merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam menjalankan pekerjaan tertentu.
  • Menurut Rachmad Hakim S., aplikasi merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan tertentu, seperti mengolah dokumen, mengatur Windows &, permainan (game), dan sebagainya.
  • Menurut R. Eko I. & Djokopran, aplikasi merupakan proses atau prosedur aliran data dalam infrastruktur teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh para pengambil keputusan yang sesuai dengan jenjang dan kebutuhan (relevan).

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian promosi , pengertian perubahan sosial , pengertian algoritma , pengertian matematika , pengertian aplikasi , pengertian modal , pengertian struktur sosial , pengertian cv , pengertian wawasan nusantara , pengertian teater , pengertian tik

Related Posts