Manfaat Telur Rebus bagi Kesehatan

 Kesehatan

Sudah lama telur dikenal sebagai sumber protein hewani yang baik. Telur bisa diolah dengan berbagai cara dan bisa juga menjadi bahan masakan serta bahan pembuatan kue. Diolah seperti apapun, telur selalu memberikan cita rasa yang enak dan gizi yang berlimpah, baik digoreng, direbus, dibali, dan beragam masakan lainnya. Manfaat telur rebus bagi kesehatan yang akan kita bahas kali ini tentunya penting untuk disimak. Selama ini banyak orang yang meremehkan telur rebus karena cara pengolahan dan rasanya yang sederhana. Namun, tak banyak yang tahu bahwa khasiat telur rebus sangat luar biasa. Cara pengolahan dengan direbus membuat nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam cangkang telur tetap terjaga dan tidak terkontaminasi dengan bakteri dari luar.

Telur merupakan makanan kaya gizi yang sangat popular di masyarakat. Selain mudah didapat dan harganya yang relatif murah, popularitas telur juga didapat karena beragam kandungannya serta khasiatnya bagi tubuh manusia. Di dalam cangkang telur tersimpan kandungan protein, vitamin, dan mineral yang sangat tinggi. Jadi, tidak heran bila telur terus menjadi primadona lauk berbagai kalangan. Bagi Anda yang sedang menjalani diet sehat, bisa memanfaatkan kandungan gizi dari telur. Dalam sebuah studi didapat fakta bahwa mengonsumsi sebutir telur rebus setiap hari saat sarapan mampu menurunkan berat badan hampir 2 kali lipat daripada mengonsumsi roti bagel, sekaligus mengalami pengurangan ukuran lingkar pinggan sebanyak 85% lebih besar. Telur memang dikenal sebagai makanan rendah lemak yang sangat cocok untuk diet.

7

Selain digunakan sebagai makanan diet sehat, manfaat telur rebus bagi kesehatan juga mampu mengobati beragam jenis penyakit. Apa saja khasiat dari telur rebus? Berikut ini adalah paparan selengkapnya.

  • Melindungi penglihatan dan kesehatan mata tanpa perlu meningkatkan kandungan kolesterol di dalam darah karena sebutri telur setiap hari merupakan sumber karotenoid, yakni lutein dan zeaxanthin yang bisa mengurangi risiko gangguan mata secara alami. Kedua sumber karotenoid itu terdapat pada kuning telur mudah diserap oleh retina.
  • Mencegah pengentalan darah sehingga mampu menurunkan risiko terkena serangan jantung atau stroke. Protein di dalam kuning telur tidak hanya potensial menghambat penyatuan darah, melainkan juga memperpanjang waktu pengubahan fibrinogen protein darah menjadi benang-benang fibrin.
  • Menjaga kesehatan otak karena mengandung choline yang sangat penting bagi kesehatan. Choline adalah komponen kunci dari struktur dengan kandungan lemak di sel-sel membran yang kelenturan dan integritasnya bergantung pada persediaan choline.

Beragam manfaat telur rebus bagi kesehatan di atas bisa Anda rasakan bila secara rutin mengonsumsi telur. Tidak perlu terlalu banyak, cukup sebutir telur rebus saat sarapan setiap hari. Hasil yang didapat akan lebih maksimal bila telur yang dikonsumsi adalah telur ayam kampung karena tidak terkontaminasi dengan zat-zat kimia yang disuntikkan di dalamnya. Telur juga bisa dikonsumsi setengah matang, kuning telur yang masih agak meleleh bisa dipakai sebagai celupan roti, pengganti mentega dan selai. Jelas sekali kandungan gizi dan nutrisinya lebih terjamin.

Related Posts