Pengertian Novel Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Novel tak bisa dilepaskan dari kehidupan orang-orang yang gemar membaca. Bahasa yang cenderung ringan dan bahkan gaul membuat novel menjadi bahan bacaan favorit hampir di semua kalangan. Sebenarnya apa itu novel? Novel berbeda dengan buku teks. Novel adalah karangan berbentuk prosa yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelakunya. Sebagai karangan yang sama-sama berbentuk prosa, novel memiliki perbedaan mendasar dengan cerpen. Novel memiliki jalan cerita lebih panjang dan dicetak berupa buku dengan sampul novel itu sendiri. Sedangkan cerpen hanya berupa cerita yang berupa lembaran-lembaran saja. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya kita simak pengertian novel menurut para ahli agar kita lebih memahaminya.

5

                Kata novel berasal dari bahasa Itali, yakni novella yang berarti sebuah kisah atau sepotong cerita. Dari dasar itulah maka muncullah istilah novel seperti yang kita ketahui sekarang. Hadirnya novel selalu memberikan pembaruan di setiap masanya. Pembaruan tersebut bisa dari sisi tema, tokoh, setting, dan unsur-unsur yang lain. Sama halnya dengan cerpen, novel juga memiliki unsur-unsur intrinsic yang mutlak ada di dalamnya. Unsur-unsur intrinsic tersebut adalah tema, amanat, alur, setting, dan penokohan. Selain unsur intrinsic, novel juga memiliki unsur ekstrinsik, yakni unsur di luar karya itu sendiri. Unsur tersebut bisa berupa latar belakang pengarang, latar belakang budaya dan kehidupan sosial, dan lain-lain.

                Untuk lebih memahami pengertian mengenai novel, berikut ini adalah beberapa pengertian novel menurut para ahli. Novel yang merupakan salah satu karya sastra tak hanya diartikan oleh ahli sastra saja, melainkan juga oleh pakar-pakar bidang lain. Hal ini karena novel di masa sekarang lebih meluas tema dan cakupannya.

  • Menurut Jakob Sumardjo, novel adalah bentuk sastra yang paling popular di dunia. Bentuk sastra ini paling banyak dicetak dan paling banyak beredar, lantaran daya komunitasnya yang luas pada masyarakat.
  • Menurut Rostamaji dan Agus Priantoro, novel merupakan karya sastra yang mempunyai dua unsur, yaitu : undur intrinsik dan unsur ekstrinsik yang kedua saling berhubungan karena sangat berpengaruh dalam kehadiran sebuah karya sastra.
  • Menurut Paulus Tukam, novel adalah karya sastra yang berbentuk prosa yang mempunyai unsur-unsur intrinsic.
  • Menurut Nurhadi dkk, novel adalah bentuk karya sastra yang di dalamnya terdapat nilai-nilai budaya social, moral, dan pendidikan.

Beberapa pakar yang memberikan masukannya mengenai pengertian novel menurut para ahli di atas pada dasarnya memuat hal yang sama, yakni novel merupakan karya sastra berbentuk prosa. Novel yang saat ini berkembang disebut dengan novel popular. Ciri-ciri novel ini lebih menonjolkan sisi-sisi yang disukai oleh masyarakat sebagai penikmatnya. Pertama, cover novel biasanya berwarna dan bergambar menyenangkan serta cerah. Kedua, tema yang diangkat kebanyakan mengenai percintaan remaja di sekolah atau kampus. Ketiga, latar dan cerita yang ditampilkan cenderung kontemporer atau modern dengan menampilkan mall, kampus, taman, dan lain-lain. Dan yang keempat, tokoh yang ditampilkan memiliki nama-nama yang diadaptasi dari Barat, misal George, Viona, Andrew, dan lain-lain. Novel memang terus berkembang dan semoga perkembangannya tidak melupakan konsep dasar novel itu sendiri.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian lingkungan , pengertian pasar , pengertian sosiologi , pengertian banjir , pengertian informasi , pengertian novel , pengertian global warming , pengertian kesehatan , pengertian asuransi

Related Posts