Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

       Hai pembaca sekalian! Kalian sudah pada tahu belum, apa sih sosiologi itu? Kalau kalian belum tahu, maka ada kesempatan kali ini saya akan membantu kalian semua untuk mengetahui, mengerti dan memahami apa pengertian sosiologi menurut para ahli yang sampai saat ini dijadikan acuan untuk definisi sosiologi yang berkembang di masyarakat.

Sebelum saya membahas tentang pengertian sosiologi menurut para ahli, saya terlebih dahulu ingin menanyakan beberapa hal kepada anda sekalian. Apakah anda memiliki teman? Sejak kapan anda memiliki teman? Bagaimana anda bisa menjalin hubungan yang baik dengan teman anda tersebut? Dan mengapa anda memiliki teman? Anda memiliki teman karena anda merupakan mahluk sosial yang memerlukan interaksi. Baik interaksi secara langsung maupun interaksi secara tidak langsung. Dengan demikian, anda perlu menjalankan interaksi tersebut dengan baik. Interaksi yang baik tersebut bersumber dari perilaku manusia yang dapat diterima oleh masyarakat agar nantinya mampu dijadikan pedoman bagi masyarakat lainnya di kemudian hari. Pedoman ini lah yang sedikit banyak mampu menggambarkan tentang sosiologi. Pedoman ini pun tetunya tak luput dari ikatan adat-istiadat, agama, tingkah laku, kebiasaan dan kebudayaan masyarakat yang ada di sekitarnya. Karena pada dasarnya interaksi yang baik adalah interaksi yang mengandung aturan-aturan kehidupan yang ada sehingga dapat dipastikan kebaikannya.

2

Pengertian sosiologi menurut para ahli pun tidak luput dari pengertian sosiologi secara umun yang merupakan penggabungan dua kata, yaitu, socius dan logos. Kedua kata tersebut berasal dari bahasa yang berbeda. Socius yang berarti teman, berasal dari bahasa Latin. Sedangkan logos yang berarti ilmu, berasal dari bahasa Yunani. Maka, secara singkat, pengertian sosiologi adalah ilmu tentang teman. Dan ilmu yang dimaksud, merupakan ilmu tentang tata cara kita sebagai manusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia di dalam lingkungan masyarakat.

Pengertian sosiologi menurut para ahli yang pertama datang dari August Comte yang memakai istilah sosiologi untuk pertama kalinya di Eropa pada abad ke-19. Comte mengatakan bahwa sosiologi merupakan ilmu tentang bagaimana manusia menjalani hidupnya sebagai mahluk yang memiliki naluri untuk senantiasa hidup bersama dengan manusia lainnya.

Pengertian sosiologi menurut para ahli yang kedua datang dari Emile Durkeim yang menyatakan bahwa sosiologi merupakan pembelajaran atas fakta sosial yang mencakup cara bertindak, berpikir dan berperasaan yang bersifat memaksa dan mengendalikan. Di sisi lain, menurut Max Weber, sosiologi ialah ilmu tentang tindakan sosial yang dijalani dengan penuh pertimbangan serta bergantung pada perilaku orang lain. Sedangkan, menurut P.J. Bouman, sosiologi adalah ilmu sosial antara individu, antara kelompok dan antara individu dengan kelompok, juga tentang sifat dan pergantian atau perubahan dalam lembaga dan ide-ide sosial.

Pengertian sosiologi menurut para ahli selanjutnya datang dari Pitirim A. Sorokin yang menyatakan bahwa sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari beberapa hal:

a. Pengaruh timbal balik serta hubungan antara tanda sosial, seperti antara gejala agama dengan hukum, ekonomi dengan keluarga, moral dan budaya, dan sebagainya.

b. Keterkaitan antara individu yang saling berpengaruh baik antara gejala sosial maupun gejala nonsosial, misalnya gejala geologis, biologis, dan sebagainya.

c. Perbedaan umum atas gejala-gejala sosial yang ada.

Soelaeman Soemardi dan Selo Soemardjan memiliki definisi yang tidak jauh berbeda dari definisi para ahli lainnya. Soelaeman dan Selo mengatakan bahwa sosiologi mempelajari sturuktur sosial hingga proses sosial yang mencakup perubahan-perubahan sosial. Dan pengertian sosiologi menurut para ahli yang terakhir dicetuskan oleh Kingsley Davis yang berpendapat bahwa sosiologi ialah pembelajaran yang menjelaskan bagaimana individu maupun kelompok mencapai kesatuannya, kelangsungannya serta bagaimana individu maupun kelompok itu beruba untuk beradaptasi dengan pelaku sosiologi lainnya.

Nah! Jadi sekarang kalian udah cukup mengerti dong tentang apa sih sosiologi itu dan bagaimana kalian sebagai manusia menjalankannya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian lingkungan , pengertian pasar , pengertian sosiologi , pengertian banjir , pengertian informasi , pengertian novel , pengertian global warming , pengertian kesehatan , pengertian asuransi

 

Related Posts