Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

            Haloooooo kalian semua! Apa kabar? Pada kesempatan yang akan saya pergunakan dengan sebaik-baiknya ini, saya akan mengajak kalian semua untuk memahami tentang apa sih pasar itu? Tentunya, tak lupa saya akan menjelaskan pengertian pasar itu sediri melalui pengertian pasar menurut para ahli. Saya yakin kalian semua pasti sudah perna pergi ke pasar. Pasar itu bukan berarti tempat menjual bahan-bahan mentah untuk memasak yang sangat dekat dengan nuansat kotor dan kumuh. Tahukah kamu? Bahwa supermarket juga disebut sebagai pasar, lebih tepatnya pasar modern. Yang membedajan supermarket dengan pasar hanyalah tempatnya. Supermarket memiliki tempat yang lebih nyaman dibandingkan pasar biasa atau pasar tradisional.

Sebelum saya menjelaskan pengertian pasar menurut para ahli, seperti biasa saya akan menjelaskan pengertian pasar secara umun yang berarti suatu pertemuan antara pembeli dan penjual disuatu tempat yang bertransaksi jual dan beli, suatu barang atau jasa. Banyak yang mendefinisikan pasar sebagai suatu tempat untuk bertransaksi, padahal sebenarnya pasar berkaitan dengan proses kegiatan bertransaksinya bukan tempat bertransaksinya.

1

Nah! Sekarang, mari kita masuk ke dalam pengertian pasar menurut para ahli. Yang pertama datang dari Stanton yang mengatakan bahwa pasar berarti tempat bagi sekelompok manusia yang berkeinginan untuk membelanjakan uang yang dimilikinya sebagai bentuk kepuasan. Sedangkan menurut H. Nystrom, pasar adalah suatu aktivitas yang salah satu pihaknya menyalurkan atau memberikan barang maupun jasa kepada pihak lainnya. Pihak yang menerima barang atau jasa disebut pihak pembeli, sedangkan pihak yang menyalurkannya disebut pihak produsen. Lalu pendapat lain datang dari Phillip dan Duncan yang menyatakan bahwa pasar adalah suatu langkah yang dipakai atau digunakan untuk menempatkan suatu barang dari tangan produsen ke tangan konsumen yang bersifat tangible. Pengertian lainnya berasal dari Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat atau American Marketing Association yang mendefinisikan pasar sebagai suatu tempat pertemuan dimana didalamnya terdapat kegiatan perdagangan barang maupun jasa serta usaha produsen untuk menjual barang dan jasanya kepada konsumen yang dituju.

Maka, secara garis besar dapat disimpulkan bahwa pengertian pasar menurut para ahli adalah tempat yang digunakan manusia untuk pertemuan antara pembeli dan penjual yang ingin melakukan transaksi jual-beli suatu barang atupun jasa. Dan pasar juga dapat dipergunakan untuk menata keinginan serta kepentingan pembeli kepada penjual yang memiliki aturan main yang baik bagi pihak pembeli maupun pihak penjual. Aturan tersebut dibagi menjadi aturan tertulis dan aturan tidak tertulis. Namun, baik aturan tertulis maupun aturan tidak tertulis, keduanya telah disepakati oleh para penjual dan pembeli serta pihak pemerintah. Dan biasanya, transaksi didalam pasar tersebut memiliki suatu imbalan bagi si penjual dalam bentuk uang. Dimana uang itu akan ditukarkan dengan barang atau jasa yang si pembeli inginkan.

Baiklah! Saya rasa artikel tentang pengertian pasar menurut para ahli sudah cukup memberikan penerangan kepada kalian yang masih awan untuk mengetahui definisi pasar ataupun kepada kalian yang sudah tahu atau sudah mengerti untuk menjadi lebih paham akan definisi pasar. Terima kasih telah membaca, semoga wawasan pengetauan kalian dapat bertamba dengan membaca artikel ini.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian lingkungan , pengertian pasar , pengertian sosiologi , pengertian banjir , pengertian informasi , pengertian novel , pengertian global warming , pengertian kesehatan , pengertian asuransi

 

 

Related Posts