Pengertian Desain Produk Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah desain selain bisa diartikan dalam cakupan ilmu yang sangat luas, juga bisa digabungkan dengan berbagai macam istilah. Gabungan-gabungan tersebut bisa menghasilkan sebuah istilah baru atau bahkan ilmu baru yang selalu menarik untuk dipelajari lebih lanjut. Selama ini kita mengenal istilah desain grafis, desain fashion, atau desain bangunan, ternyata ada sebuah istilah lain mengenai desain yang cukup banyak dibicarakan yakni desain produk. Apa itu desain produk? Apa pula pengertian desain produk menurut para ahli di bidangnya? Sebagai ilmu yang berhubungan dengan desain, istilah desain produk pastilah tidak jauh dari seni berupa gambar dan tampilan visual sebagaimana konsep mengenai desain grafis.

                Desain produk biasanya disebut juga dengan desain kemasan. Ilmu ini berbicara mengenai kemampuan seseorang untuk mendesain kemasan sebuah produk agar laku di pasaran. Desain produk bisa diartikan sebagai sebuah ide, pengembangan konsep, pengujian, dan pelaksanaan manufaktur atau jasa. Secara sederhana, desain produk bisa dimaknai menjadi sebuah proses dalam menciptakan produk baru yang rencananya akan dijual untuk masyarakat luas. Dalam pendekatan yang sistematis, desain produk berbentuk konsep dan evaluasi ide yang kemudian diubah menjadi suatu penemuan nyata mengenai sebuah produk. Dalam hal ini, peran desainer produk sangatlah penting, yakni menggabungkan antara seni, pengetahuan, dan teknologi untuk menciptakan produk baru tersebut agar bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh orang lain.

8

                Berdasarkan pengertian desain produk menurut para ahli, seorang desainer produk harus dilengkapi dengan keterampilan dan kemampuan untuk membawa produk dari yang hanya sekadar konsep menjadi produk nyata kepada pelanggan. Selain itu, ia harus mampu  mengelola proyek desain mengenai produk tersebut yang meliputi teknologi, ergonomic, kegunaan atau fungsi, bahan analisis, dan proses rekayasanya. Saat ini kinerja desainer produk dalam mendesain sudah bisa dibilang terfasilitasi dengan sangat baik, mengingat perkembangan teknologi komputerisasi yang memungkinkan mereka bekerja dengan alat digital. Merka bisa memvisualisasi, menganalisis, dan merealisasikan ide-ide cemerlangnya hanya dalam waktu yang realtif singkat bial dibandingkan dengan teknologi lampau.

                Seorang desainer produk harus memiliki dasar dalam membuat desain produk. Dasar yang dimaksud adalah mode dan teknologi. Mode adalah rancangan atau gambaran desain yang diminta oleh konsumen. Seorang desainer produk harus mampu membuatnya dengan ide-ide dan imajinasi yang luar biasa, tidak memiliki kesamaan dengan desain produk sebelumnya, dan tentunya menarik. Sedangkan teknologi adalah semacam pemilihan teknologi yang digunakan untuk menghasilkan desain produk yang berkualitas. Teknologi yang sesuai bisa didapatkan dengan melakukan riset dan pengembangan produk itu sendiri.

                Desain produk memiliki fungsi penting bagi produk yang akan dipasarkan. Dengan desain kemasan yang menarik dan sesuai akan membuat produk memiliki nilai jual lebih tinggi daripada hanya dikemas seadanya. Disinilah kreativitas desainer produk dipertaruhkan dan diuji. Masyarakatlah yang menilai apakah desain tersebut dinyatakan berhasil atau tidak. Pengertian desain produk menurut para ahli memuat banyak hal yang bisa dipelajari. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi Anda dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian bencana alam , pengertian bandwidth , pengertian modernisasi , pengertian silabus , pengertian pelayanan publik dan prima , pengertian manajemen keuangan , pengertian seminar , pengertian perjanjian internasional , pengertian desain produk , pengertian biografi , pengertian corel draw

Related Posts