Pengertian Bandwidth Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah bandwidth mungkin bukanlah istilah yang akan diperhitungkan oleh para pengguna internet atau para downloader. Padahal segala aktivitas mereka di dunia maya sangat bergantung pada seberapa besar bandwidth yang disediakan oleh saluran yang mereka gunakan. Sebenarnya apa itu bandwidth? Mengapa pengguna internet bisa menjadi lebih bijak bila mengetahui mengenai bandwidth? Bagaimana pula pengertian bandwidth menurut para ahli? Dengan memahami mengenai bandwidth, para peselancar internet akan bisa memanfaatkan hobinya untuk mengunduh atau mengupload dengan lebih baik dan tentunya bisa mengantisipasi berbagai macam kemungkinan saat berinternet.

                Bandwidth adalah sebuah sitilah yang digunakan untuk menjelaskan  cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dan sebuah medium transmisi. Secara sederhana, bandwidth diartikan sebagai lebar dari saluran data yang dilalui ileh data transfer secara bersamaan. Jadi, jumlah informasi yang bisa “berjalan” dalam satu waktu saat kita melakukan kegiatan berinternet diatur oleh seberapa banyak bandwidth yang dimiliki oleh saluran tersebut. Besaran bandwidth biasanya dihitung dengan bit per detik atau bit oer second (bps) dengan jumlah besaran yang beraneka ragam, yakni kilobit per second (kbps), megabit per second (mbps), gigabit per second (mbps), atau nanobit per second (nbps). Semakin banyak data yang melewati saluran tersebut, maka harus semakin lebar bandwidth yang dibutuhkan. Proses lewatnya data bisa terjadi karena dua macam kegiatan, yakni upload dan download. Jadi, keduanya sama-sama mempunyai peranan penting terhadap besarnya bandwidth.

1

                Pengertian bandwidth menurut para ahli menjelaskan mengenai definisi bandwidth dalam dunia web hosting. Dalam ilmu tersebut, bandwidth capacity atau kapasitas lebar pita dijelaskan sebagai nilai maksimum dari besaran transfer data berupa tulisan, gambar, video, suara, dan jenis data lainnya yang terjadi antara server hosting dengan komputer lainnya dalam suatu jangka waktu tertentu. Jika besaran bandwidth yang dimiliki telah habis sebelum jangka waktu yang ditentukan, komputer tidak bisa lagi mengakses internet sampai dengan jangka waktu yang diperbarui kembali. Misalnya saja besaran bandwidth 10G/30 hari, dalam waktu 20 hari jatah bandwidth telah habis, maka selama 10 hari ke depan internet tidak bisa digunakan lagi hingga jatah waktu berikutnya atau membeli bandwidth baru kembali. Oleh sebab itu, sangat perlu mengetahui besaran bandwidth dan mempertimbangkan penggunaannya agar bisa mencapai jawath waktu yang ditentukan.

                Beberapa orang menyebut bahwa istilah bandwidth sama dengan transfer data, padahal pengertian bandwidth menurut para ahli menyatakan bahwa keduanya memiliki pengertian yang berbeda meski masih saling berkaitan. Dimana perbedaannya dan apa kaitannya? Bandwidth bisa disesuaikan dengan pengertiannya enunjuk pada volume data yang dapat ditransfer per detik, sedangkan transfer data adalah ukuran lalu lintas data dari kegiatan Anda berinternet. Bila diilustrasikan, bandwidth adalah lebarnya pipa dalam sebuah saluran dan transfer data adalah banyaknya air yang melewati pipa tersebut. Semakin lebar ukuran lebar pipa, maka semakin banyak air yang dapat lewat. Itulah kaitan bandwidth dengan transfer data, semakin besar volume bandwidth yang tersedia maka semakin tinggi pula transfer data yang bisa dilakukan. Besar kecilnya transfer data dipengaruhi oleh jumlah pengunjung situs dan ukuran file website Anda.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian bencana alam , pengertian bandwidth , pengertian modernisasi , pengertian silabus , pengertian pelayanan publik dan prima , pengertian manajemen keuangan , pengertian seminar , pengertian perjanjian internasional , pengertian desain produk , pengertian biografi , pengertian corel draw

Related Posts