Manfaat Buah Mahkota Dewa bagi Kesehatan

 Kesehatan

Bagi Anda yang mengikuti perkembangan mengenai tanaman herbal, pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman buah mahkota dewa. Sejak khasiat buah mahkota dewa diperkenalkan oleh IPB (Institut Pertanian Bogor) pada tahun 2007, popularitasnya semakin menyebar dan banyak dicari oleh orang-orang. Manfaat buah mahkota dewa bagi kesehatan memang tidak tanggung-tanggung. Ada banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan buah mungil berwarna merah ini. Karena kepopulerannya pula, buah mahkota dewa mulai banyak ditanam di pekarangan rumah sehingga tidak sulit lagi mendapatkan buah kaya manfaat ini di sekitar Anda. Bahkan, Anda bisa menanamnya sendiri di halaman rumah. Pohonnya yang besar dan rindang bisa menyejukkan halaman rumah Anda.

Buah mahkota dewa memiliki nama Latin Phaleria Macrocarpa. Awalnya tanaman ini berasal dari Papua, Irian Jaya sehingga menjadi tanaman asli Indonesia. Tanaman buah mahkota dewa merupakan tanaman perdu yang saat ini banyak tumbuh di pekarangan rumah. Buah ini juga dikenal dengan nama buah simalakama karena sifatnya yang tak hanya mampu menyembuhkan berbagai penyakit tetapi juga memberikan efek samping seperti mual dan pusing selama proses pengobatan berlangsung. Saat ini buah mahkota dewa semakin dikenal karena keampuhannya bagi kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit karena kandungan alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol. Dengan berbagai kandungan senyawa kimia tersebut, tidak mengherankan bila mahkota dewa menjadi primadona baru di dalam pengobatan tradisional.

8

Tak sedikit pula orang yang enggan meminum ramuan buah mahkota dewa karena rasa yang tidak enak dan bau yang tidak sedap. Namun, semua itu akan hilang setelah mengetahui manfaat buah mahkota dewa bagi kesehatan seperti yang dijabarkan berikut ini.

  • Melancarkan peredaran darah karena mahkota dewa memiliki kandungan senyawa flavonoid yang berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga metabolisme tubuh juga ikut membaik.
  • Meningkatkan sistem imun, menambah vitamin, dan mencegah penggumpalan darah karena kandungan saponin.
  • Sebagai anti inflamasi atau anti peradangan karena kandungan flavonoid mampu membantu mengurangi rasa sakit.
  • Membuang racun di dalam tubuh karena kandungan alkaloid di dalamnya.
  • Mengobati alergi karena kandungan polifenol yang berperan sebagai anti histamine atau anti alergi. Selain itu juga berguna untuk mencegah penyakit kanker, diabetes, asam urat, lever, dan ginjal.
  • Mengurangi kandungan kolesterol di dalam darah karena kandungan flavonoid pula sehingga mampu mencegah terjadinya serangan jantung.
  • Untuk perawatan wajah, buah mahkota dewa bisa digunakan untuk mengobati jerawat karena bersifat anti inflamasi.

Manfaat buah mahkota dewa bagi kesehatan bisa didapat dengan cara meramu yang benar. Buah ini tidak dikonsumsi secara langsung layaknya buah yang lainnya. peramuan yang popular adalah buah mahkota dewa diiris-iris lalu dicuci, selanjutnya dikeringkan dengan panas matahari sampai benar-benar kering. Irisan buah mahkota dewa yang sudah kering bisa diseduh dengan air panas layaknya teh. Jika Anda tidak tahan dengan rasanya yang sangat getir dan agak pahit, Anda bisa menambahkan sedikit madu ke dalam air seduhan tersebut. Selamat mencoba dan semoga kesehatan bisa Anda dapatkan.

Related Posts