Bahaya dan Manfaat Buah Bintaro

 Kesehatan

Pernah mendengar mengani buah bintaro? Pohon buah bintaro biasanya banyak terdapat di pekarangan rumah. Pohon ini lazim dipakai sebagai pohon hias karena bentuknya yang bagus, buahnya yang berwarna menarik, daun yang indah, dan lumayan teduh untuk pekarangan rumah. Namun, Anda patut berhati-hati dengan pohon yang satu ini karena beberapa bagian dari pohon tersebut beracun, misalnya pada getah dan buahnya. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki anak-anak diharapkan tidak bermain-main dengan pohon ini. Untuk mengatasi hal tersebut, sangat penting mempelajari bahaya dan manfaat buah bintaro agar Anda bisa memberikan pengertian dan penjelasan kepada keluarga dan orang di sekitar untuk bijak memanfaatkan pohon tersebut.

Pohon bintaro memiliki nama Latin Cerbera Manghas atau disebut juga dengan Pong-pong Tree atau Indian suicide tree. Pohon ini memiliki daun berbentuk memanjang, simetri, dan menumpul pada bagian ujung dengan ukuran yang bervariasi. Pohon ini memiliki bentuk yang indah, tetapi tidak dapat dikonsumsi karena buah dan getahnya beracun. Buah bintaor berbentuk bulat berwarna hijau ketika muda dan merah ketikan tua. Buah ini memiliki tiga lapisan, yakni kulit bagian luar, lapisan tengah berupa serat mirip sabut kelapa, dan biji yang dilapisi oleh kulit biji atau disebut dengan testa. Habitat asli pohon ini adalah di kawasan pantai atau hutan mangrove. Namun, seiring perkembangan waktu pohon ini mulai menyebar di berbagai tempat.

4

Sebuah penelitian mengenai bahaya dan manfaat buah bintaro menyebutkan bahwa buah ini terdiri atas biji 8% dan daging buah 92%. Bijinya terbagi dalam 14% cangkang dan 86% daging biji. Terdapat 35-50% kandungan minyak dalam bijinya dan akan bertambah banyak dalam kondisi kering.  Jenis minyak yang dihasilkan diantaranya asam linoleat (16,7%), asam oleat (54,3%), asam stearat (6,9%),  dan asam palmitat (22,1%). Manfaat dari buah bintaro adalah sebagai berikut.

  • Bisa diolah menjadi minyak yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar.
  • Tanaman bintaro bisa dipakai untuk penghijauan dan mampu menyerap karbondioksida dengan sangat baik.
  • Biji buah bintaro bisa diolah menjadi energi alternatif dan bahan baku biodiesel.
  • Kulit buah bintaro yang berserat bisa dijadikan bahan baku papan partikel atau bahan bakar.
  • Bijinya bisa digunakan sebagai pengusir tikus.
  • Pohon bintaro bisa dimanfaatkan untuk diolah menjadi bahan baku lilin, bio-insektisida, obat luka, deodorant, dan masih banyak lagi.

Bahaya dan manfaat buah bintaro. Di samping manfaatnya yang sangat beragam, pohon buah bintaro juga memiliki banyak bahaya karena kandungan racun dalam getah bunga dan buahnya. Tak banyak orang yang mengetahui tentang racun buah ini sehingga Anda harus hati-hati dalam memanfaatkannya. Racun yang terdapat di daun, batang, dan biji bintari disebut dengan cerberin, yakni suatu glikosida yang bisa mengganggu saluran ion kalsium dalam otot jantung manusia sehingga bisa mengganggu detak jantung dan menyebabkan kematian. Jika getah pohon bintaro mengenai luka tubuh, bisa menyebabkan kelumpuhan. Jangan pula menggunakan batang bintaro sebagai kayu bakar karena akan menyebabkan keracuna dari asap yang dihasilkan.

Related Posts