Pengertian Grafik Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Grafik sudah banyak dipelajari oleh masyarakat luas, apalagi telah menjadi salah satu materi dalam dunia pendidikan. Pengertian grafik yang paling sederhana adalah mengenai gambaran garis yang menjelaskan tentang suatu hal. Grafik biasa dikenal dalam bidang matematika atau hitungan. Namun, sebenarnya makna grafik bisa dilihat dari berbagai macam segi karena definisi grafik sangat luas dan beragam. Demikian pula dengan pengertian grafik menurut para ahli yang juga beragam. Membicarakan mengenai grafik tentu tak bisa lepas dari angka dan garis. Angka digunakan untuk menerangkan nominal data, sedangkan garis menggambarkan naik turunnya nominal tersebut. Keduanya saling melengkapi dan berfungsi menyajikan sebuah data dengan cara yang lebih mudah untuk dipahami.

                Grafik disebut juga dengan bagan, diagram, ataupun chart. Grafik dibuat untuk memberikan penjelasan kepada orang lain, dalam hal ini pembaca, yang membutuhkan data tertentu. Keberadaan grafik yang mengombinasikan angka dan garis mempermudah pembaca dibandingkan dengan kata-kata yang terlalu panjang. Telah dikemukakan di awal bahwa grafik bisa didefinisikan dalam berbagai ilmu, selain pengertian grafik menurut para ahli, misal ilmu matematika,  ilmu sosial, pertanian, dan kedokteran. Dalam ilmu matematika, grafik adalah kumpulan garis vertikal, horizontal, dan lengkung yang menggambarkan relativitas dari kumpulan data. Dalam ilmu sosial, grafik adalah perubahan data kualitatif menjadi data kuantitatif berbentuk garis dan angka agar data mudah untuk dipahami. Dalam bidang pertanian, grafik melibatkan kaitan antara interaksi, daya dukung, angka optimum, dan garis-garis tren. Dalam bidang kedokteran, grafik memiliki kelebihan dapat melihat hubungan dari banyak variabel yang bisa menentukan dosis optimum yang sesuai untuk batas toleransi tubuh manusia.

8

                Selain pengertian grafik yang dilihat dari berbagai bidang, ada pula beberapa pengertian grafik menurut para ahli.

  • Menurut Soedarso, grafik adalah sajian visual untuk membandingkan jumlah data pada waktu yang berbeda.
  • Menurut I Wayan Nuarsa, grafik adalah sajian data dalam bentuk gambar atau simbol.
  • Menurut Nani Darmayanti, grafik adalah gambaran pasang surut keadaan yang dilukiskan dengan garis atau gambar.
  • Menurut Yudhy Wicaksono, grafik adalah sajian data berbentuk visual yang dipakai dalam berbagai bidang.
  • Menurut Karl E. Case, grafik adalah sajian dua dimensi dari kelompok angka atau data.
  • Menurut Lilis Rohaeni & Fikrurrahman, grafik adalah gambar yang terdiri atas garis dan titik-titik koordinat.
  • Menurut Murray R. Spiegel & Larry J. Stephens, grafik adalah gambaran hubungan antar variabel.
  • Menurut Murray, grafik adalah representasi gambar dari hubungan antar variabel.
  • Menurut J. Supranto, grafik adalah gambar visual data berupa angka dan simbol yang berasal dari tabel yang telah dibuat.
  • Menurut Hery Sonawan, grafik adalah gambaran data yang diplot di sebuah bidang dengan menghubungkan dua variable atau lebih.
  • Menurut Kathleen Meehan Arias, grafik adalah metode untuk menyajikan data kuantitatif secara visual.

Berbagai pengertian grafik dalam berbagai bidang dan enurut para ahli di atas memberikan wawasan baru bahwa istilah grafik tak hanya berkaitan mengenai garis dan angka saja, melainkan lebih luas dari itu. Grafik bisa dilihat dari berbagai macm segi dan tentunya kegunaan dan fungsinya pun ikut berbeda.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian biosfer , pengertian pencemaran lingkungan , pengertian hukum islam , pengertian gizi , pengertian dongeng , pengertian desa , pengertian k3 , pengertian hikayat , pengertian grafik , pengertian program aplikasi , pengertian bencana alam

Related Posts