Manfaat Minum Kopi (Ampas Kopi) untuk Kecantikan Kulit

 Kesehatan

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang biasa disajikan panas dan berfungsi sebagai penghangat tubuh. Minuman kopi biasa dikonsumsi pagi atau malam hari. Penggemar minuman kopi mayoritas adalah kaum laki-laki, meski ada juga perempuan yang juga menggemari minuman pahit ini. Namnu, tahukah Anda bahwa kopi memiliki manfaat yang besar bagi kecantikan kulit, terutama ampasnya? Tak banyak yang tahu bahwa ampas kopi bisa dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Hal yang dianggap kotor dan remeh ini ternyata memiliki kandungan zat dan senyawa yang sangat baik bagi kulit. Manfaat minum kopi (ampas kopi) untuk kecantikan kulit memang tak banyak diketahui orang, tetapi telah banyak penelitian yang membahas mengenai hal tersebut.

Sejauh ini kopi dianggap sebagai minuman yang tidak baik bagi kesehatan. Namun, beberapa penelitian menyebutkan bahwa kopi juga memiliki khasiat bagi kesehatan, terutama kesehatan kulit. Berbagai penelitian mengenai bahaya dan manfaat kopi telah dilakukan dan diakui secara akademik. Kopi dapat melancarkan peredaran darah untuk menghilangkan varises, lingkar hitam pada kulit dapat digunakan untuk menghilangkan dan mencegah selulit. Tak banyak yang tahu bahwa kopi dan kafein memiliki efek simultan yang mampu membantu menghilangkan racun dalam tubuh dan menghaluskan kulit.

8

Manfaat minum kopi (ampas kopi) untuk kecantikan kulit telah banyak diteliti dan dibuktikan oleh para ahli. Berikut ini adalah khasiat dan manfaat dari kopi dan ampasnya bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

  • Untuk mengangkat kulit mati dengan cara menggunakan ampas kopi sebagai scrub di wajah dan badan. Ampas kopi ini juga bisa membuang sel kulit mati di bagian lutut dan siku.
  • Kopi bisa melindungi kulit dari risiko kanker nonmelanoma dengan cara rutin meminum kopi 2 –5 cangkir setiap hari. Kafein di dalamnya akan membunuh sel-sel prakanker dan membasmi perkembangan tumor.
  • Ampas kopi bermanfaat untuk menghilangkan kantung mate, menyegarkan, dan mengencangkan kulit di area mata.
  • Ampas kopi juga bermanfaat untuk mengurangi selulit pada tubuh dengan cara menggosok-gosokkan ampas kopi di kulit yang mengalami selulit, bisa juga ditambah dengan anggur atau jahe.
  • Untuk membuat rambut lebih subur, ampas kopi digunakan sebagai sampo yang diaplikasikan di rambut sambil dipijat dengan lembut. Cara ini akan merangsang folikel rambut untuk bekerja lebih keras dan baik lagi.
  • Bagi Anda yang memiliki rambut kusam bisa memanfaatkan ampas kopi murni sebagai sampo.

Agar mendapatkan manfaat minum kopi (ampas kopi) untuk kecantikan kulit, Anda harus mengonsumsinya dalam takaran yang aman dan tidak terlalu berlebihan. Bila dikonsumsi terlalu berlebihan justru bisa berakibat buruk pada kesehatan. Pengaruh kafein pada seseorang berbeda-beda tergantung sensitifitas masing-masing individu. Bila sudah merasakan efek yang tidak mengenakkan pada tubuh, seperti jantung yang berdetak kencang, segera hentikan konsumsi kopi dan konsultasikan ke dokter. Para ahli menyarankan bahwa takaran kafein yang aman adalah 200 miligram per hari atau setara dengan 2 – 3 cangkir kopi.

Related Posts