Manfaat Buah dan Juice/Jus Sirsak untuk Kesehatan

 Kesehatan

Siapa yang tidak kenal buah sirsak? Buah yang memiliki tekstur basah dan lembut ini mempunyai rasa asam manis yang segar. Buah sirsak mempunyai banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, sirsak juga bisa diolah menjadi jus yang segar dan nikmat. Tak perlu takut akan kehilangan khasiatnya, jus sirsak juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Manfaat buah dan juice/jus sirsak untuk kesehatan tidak bisa dipandang sebelah mata karena sangat banyak. Olahan sirsak lainnya juga bisa dijadikan alternatif untuk pengobatan, tak hanya terpaku pada buah dan jusnya saja.

Buah yang memiliki nama Latin Annona Muricata ini adalah tanaman buah yang banyak tumbuh di daerah tropis. Manfaat dari buah sirsak tak hanya dikenal di Indonesia saja, tetapi juga di berbagai negara di dunia. Banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya karena kandungan senyawa kimia di dalamnya membuat buah ini mendapat julukan buah ajaib. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa buah sirsak sangat ampuh mengobati hampir semua jenis penyakit kanker, seperti kanker pay*u*dara, kanker usus, kanker pancreas, kanker paru-paru, dan banyak jenis kanker lainnya. buah sirsak juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bagi penderita penyakit tertentu yang sedang dalam masa pemulihan sangat dianjurkan untuk banyak mengonsumsi buah sirsak. Namun, bagi penderita penyakit kanker yang sedang menjalani masa penyembuhan diharapkan mengatur jumlah konsumsi buah sirsak karena kandungan kadar gulanya sangat tinggi.

7

Masih dalam pembahasan mengenai manfaat buah dan juice/jus sirsak untuk kesehatan. Buah sirsak juga bagus untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan karena mengandung kadar serat yang sangat tinggi. Bisa digunakan untuk mencegah sembelit atau sulit buang air besar. Selain itu, buah sirsak mengandung vitamin C yang sangat tinggi pula. Vitamin C ini bisa bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel di dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi sirsak secara teratur bisa mencegah penuaan dini dan membuat kulit tubuh menjadi halus, elastis, kencang, dan tampak lebih muda. Buah sirsak diketahui juga bagus untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan risiko penyakit saluran darah. Bila saluran darah seseorang bisa beraktivitas dengan normal, bisa dipastikan bahwa seluruh organ vital di dalam tubuh juga akan terjaga kesehatannya.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah sirsak juga bisa dinikmati dengan mengolahnya menjadi minuman jus sirsak. Selain rasanya yang pasti jauh lebih nikmat, ternyata jus sirsak juga kaya akan kandungan nutrisi dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat buah dan juice/jus sirsak untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

  • Serat larut dan serat tidak laurt di dalam jus sirsak mampu menyehatkan sistem pencernaan.
  • Meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik karena mengandung niacin.
  • Kandungan vitamin C bisa untuk menangkal radikal bebas.
  • Mencegah migrain atau sakit kepala sebelah karena mengandung riboflavin.
  • Kandungan fosfor dan kalsium di dalam jus sirsak berfungsi untuk menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis.
  • Mencegah penyakit anemia atau tekanan darah rendah karena kandungan zat besi di dalamnya.
  • Menyehatkan otak karena kandungan folat yang berfungsi menutrisi otak.
  • Sumber energi karena mengandung fruktosa sebagai bentuk gula sederhana.
  • Mencegah kram otot karena engandung kalium yang membantu fungsi kontraksi otot.

Related Posts