Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Setiap kita ingin mengetahui sesuatu secara mendetail dan rinci, kita selalu menggunakan istilah analisis untuk menguraikan kegiatan yang dilakukan. Apa sebenarnya analisis tersebut? Apa perbedaan analisis dan analisa? Lalu apa pula pengertian analisis menurut para ahli? Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa kata yang teoat adalah analisis bukannya analisa. Kebiasaan menggunakan analisa adalah kesalahan yang secara turun temurun digunakan dalam percakapan sehari-hari. Menurut ilmu bahasa, tidak ada istilah analisa, yang benar adalah analisis. Istilah analisis bisa dimaknai dari banyak segi. Hal tersebut karena cakupan materi yang berhubungan dengan kata analisis sangatlah beragam.

                Berikut ini adalah pengertian analisis bila dilihat dari berbagai segi. Dilihat dari ilmu linguistik atau ilmu bahasa, analisis adalah kajian atau telaah yang dilakukan terhadap sebuah bahasa untuk meneliti struktur bahasa tersebut secara mendalam. Dalam ilmu ilmiah atau kegiatan di dalam laboratorium, analisis adalah kegiatan yang dilakukan di laboratorium untuk memeriksa kandungan zat  atau unsur dalam sebuah hal. Dalam kamus besar bidang Ekonomi, analisis yaitu melakukan evaluasi terhadap kondisi dari pos-pos atau ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi dan alasan-alasan yang memungkinkan tentang perbedaan yang muncul. Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang sering dipakai sebagai tolok ukur definisi, analisis adalah sebuah proses menguraikan pokok masalah atas berbagai bagiannya.

6

                Pengertian menurut segi atau bidang ilmu di atas memang sangat beragam dan berbeda-beda tergantung pada ilmu yang sedang dikaji. Begitu pula halnya dengan pengertian analisis menurut para ahli, bisa berbeda-beda mengikuti bidang yang dianut oleh pakar tersebut. Berikut ini adalah definisi-definisi yang dikemukakan oleh para pakar.

  • Menurut Anne Gregory, analisis adalah bagian awal dari sebuah tahap perencanaan.
  • Menurut Dwi Prastowo dan Rifka Julianty, analisis adalah sebuah langkah penjabaran permasalahan dari setiap bagian dan penelaahan bagian tersebut untuk mendapatkan pemahaman yang tepat serta arti yang keseluruhan dari masalah tersebut.
  • Menurut Wiradi, analisis adalah sebuah tindakan yang di dalamnya termuat beberapa aktivitas seperti penguraian, pembedaan, dan pemilahan sesuatu untuk kemudian digolongkan berdasarkan kriteria tertentu kemudian dicari kaitannya dan ditaksir maknanya.
  • Menurut Komaruddin, analisis adalah sebuah aktivitas berpikir untuk menguraikan sebuah masalah yang menyeluruh menjadi beberapa bagian.

                Pengertian analisis menurut para ahli di atas memberikan kita sebuah pengetahuan bahwa analisis memiliki fungsi tersendiri. Dalam penelitian, analisis memiliki fungsi yang sangat penting. Analisis merupakan tahap akhir sebelum penarikan kesimpulan terhadap data yang telah diambil dan ditelaah. Kegiatan analisis data proses dan hasil dilakukan meliputi mengorganisasikan data dan mengelompokkan data serta klarifikasi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Mengorganisasikan data yang dimaksud adalah mengatur data-data yang diperoleh peneliti selama kegiatan berlangsung, sedangkan pengelompokan dan pengklasifikasian bertujuan untuk mengelompokkan data sesuai dengan yang dibutuhkan oleh peneliti. Gambaran keseluruhan dalam penelitian dapat dilihat melalui paparan data, sedangkan penarikan kesimpulan (verifikasi) bertujuan untuk memperoleh kesimpulan berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan selama proses penelitian.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian sepak bola , pengertian ilmu ekonomi , pengertian ilmu , pengertian populasi , pengertian akhlak , pengertian sel , pengertian analisis , pengertian bangsa , pengertian produksi , pengertian intranet , pengertian moral

Related Posts