Pengertian Intranet Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Intranet, pernahkah Anda mendengarnya? Apakah sama dengan internet? Istilah intranet bukanlah plesetan atau salah ketik dari internet. Kedua istilah tersebut memang ada dan memiliki persamaan dan perbedaan masing-masing. Persamaannya, keduanya merupakan istilah yang berkaitan dengan teknologi dan komunikasi modern. Namun, perbedaannya ada banyak sekali, mulai dari pengertian, cakupan, fungsi, cara penggunaan, dan sebagainya. Pengertian intranet menurut para ahli mungkin tidak sebanyak internet karena istilah intranet tak sepopuler internet. Kita akan membahasnya agar intranet bisa lebih mudah dipahami dan tidak sulit membedakannya dengan internet.

                Karena intranet juga merupakan istilah dalam bdang ilmu teknologi dan komunikasi, maka biasanya terdapat istilah jaringan di depannya menjadi “jaringan intranet”. Jaringan intranet bisa diartikan sebagai jaringan komputer pribadi atau lokal yang menggunakan protokol dan perangkat lunak internet untuk dapat berbagi data dan informasi secara aman dalam lingkup satu organisasi atau badan atau sistem operasi jaringan di organisasi tersebut. Sebuah jaringan intranet mempunyai semua fasilitas yang juga dimiliki oleh internet, seperti email. Pada dasarnya intranet sangat mudah untuk dipelajari, diterapkan, dikembangkan, dan dikonfigurasi ulang. Intranet juga bisa dimiliki oleh sekelompok orang atau perusahaan tertentu yang hebatnya tidak bisa diakses oleh orang lain. Tapi yang perlu kita ketahui juga adalah jaringan intranet juga bisa terhubung dengan internet sehingga kedunya bisa bertukar informasi dan data dengan jaringan lainnya.

9

                Karena intranet merupakan jaringan lokal yang biasa digunakan oleh sebuah perusahaan, bisa saja jaringan ini digunakan untuk menyimpan data penting perusahaan, bisa berupa dokumen atau percakapan sesama karyawan. Untuk itu, keamanan menjadi hal yang sangat penting, selain pengertian intranet menurut para ahli, dalam jaringan intranet. Jaringan lokal memang rentan penyusupan dan penyadapan. Untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah teknologi keamanan terus dikembangkan oleh pakar teknologi untuk menjaga privasi pengguna. Menurut sejarahnya, intranet pertama kali disebar tahun 1995 oleh para penjual produk jaringan dalam bentuk web-web kepada perusahaan. Dengan disebarkannya teknologi jaringan intranet ini, semua fasilitas internet dapat dipergunakan untuk kebutuhan dalam suatu organisasi atau sebuah komunitas.

                Keberadaan pengertian intranet menurut para ahli memang perlu, tetapi mengetahui hal-hal yang diperlukan dalam membangun sebuah jaringan intranet juga diperlukan. Bila kita ingin membuat atau membangun sebuah jaringan intranet, maka jaringan harus memiliki beberapa komponen yang bisa digunakan untuk membangun internet, misalnya protokol internet (TCP/IP, alamat IP, dan lainnya), klien, dan pastinya server. Protokol yang sering digunakan adalah HTTP, FTP, POP3, atau SMTP. Anda bisa memilih salah satu dari pilihan protokol tersebut. Ada beberapa alasan yang dimiliki oleh perusahan dalam memilih jaringan intranet, yakni.

  • Keterpaduan yang mudah antara email internal dan eksternal.
  • Perangkat lunak lebih mudah dipergunakan, berkemampuan cukup, dan biaya terjangkau.
  • Teknologi penyimpanan, pencarian kembali, komunikasi, dan mengolah sumber-suber informasi organisasi lebih mudah.
  • Kemudahan dalam akses berbagai sumber menarik, khususnya yang dipublikasikan pada World Wide Web (WWW).

Semoga alasan-alasan tersebut juga bisa Anda jadikan bahan pertimbangan dalam membangun jaringan intranet.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian sepak bola , pengertian ilmu ekonomi , pengertian ilmu , pengertian populasi , pengertian akhlak , pengertian sel , pengertian analisis , pengertian bangsa , pengertian produksi , pengertian intranet , pengertian moral

Related Posts