Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah populasi sering kita jumpai saat berbicara mengenai jumlah, statistik, dan penelitian. Sebenarnya apa itu populasi? Bagaimana pula pengertian populasi menurut para ahli? Selama ini populasi sering dimaknai sebagai sekelompok atau kumpulan sesuatu atau hal yang mengacu pada salah satu segi perhatian misal ukuran, kualitas, kuantitas, dan lain sebagainya. Namun, keberadaan populasi bisa lebih luas dan mencakup banyak hal dibandingkan makna yang disebut di atas. Dalam bidang geografi, populasi biasa disebut dengan universe yang bermakna sekelompok individu atau objek yang memiliki karakteristik yang sama. Karakteristik tersebut bisa saja berbentuk status sosial, golongan darah, tempat tinggal, dan lain sebagainya.

                Secara umum, populasi bisa dimaknai sebagai kumpulan dari keseluruhan objek di suatu wilayah dan memenuhi syarat-syarat tertentu yang sedang dikaji. Sedangkan pengertian populasi menurut para ahli adalah sebagai berikut.

3

  • Menurut Sugiyono, populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek atau subjek yang menjadi kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.
  • Menurut Nawawi, populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin, baik hasil menghitung ataupun pengukuran kuantitatif maupun kualitatif daripada karakteristik tertentu mengenai sekumpulan objek yang lengkap.
  • Menurut Nazir, populasi adalah berkenaan dengan data, bukan orang atau benda.
  • Menurut Riduwan dan Tita Lestari, populasi adalah keseluruhan dari karakteristik atau unit hasil pengukuran yang menjadi objek penelitian.

                Populasi memiliki berbagai macam jenis dibagi berdasarkan hal tertentu. Berdasarkan jumlahnya, populasi dibagi menjadi dua, yakni populasi terbatas dan populasi tak terbatas (tak terhingga). Populasi terbatas adalah sumber data yang jelas sekali ada batasnya secara kuantitatif (jumlah) sehingga bisa dihitung. Populasi tak terbatas adalah sumber data yang tidak dapat dihitung dan dinyatakan jumlah pastinya karena batasa-batasannya tida bisa ditemukan. Berdasarkan sifatnya, populasi dapat dibagi menjadi dua, yakni populasi homogeny dan populasi heterogen. Populasi homogeny adalah sumber data memiliki sifat yang sama dan tidak perlu dipermasalahkan secara kuantitatif. Populasi heterogen adalah sumber datanya beragam atau bersifat tidak sama (bervariasi) sehingga perlu adanya batasan-batasannya.

                Berbicara mengenai pengertian populasi menurut para ahli tak bisa terlepas dari istilah sampel. Apa sebenarnya sampel itu? Sampel adalah sebagian atau himpunan sebagian dari suatu populasi. Jika populasi adalah seluruh objek atau manusia yang akan diteliti, maka sampel hanya mengambil sebagian dari populasi tersebut. Banyaknya sampel bisa ditentukan oleh peneliti, yang terpenting dari sampel adalah bisa mewakili populasi yang akan diteliti. Sampel ini dibutuhkan bila populasi yang akan diteliti terlalu banyak dan waktu penelitian terlalu sedikit. Sehingga peneliti memerlukan perwakilan atau sampel untuk diteliti mewakili keseluruhan populasi. Pengampilan objek sampel haruslah sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah. Tujuannya agar diperoleh hasil yang akurat untuk menggambarkan populasi yang akan diteliti. Bila pengambilan sampelnya secara acak dan sembarangan, dikhawatirkan keakuratan dan kebenaran hasil penelitian akan diragukan. Karena harapan semua penelitia adalah bisa menghasilkan data yang sesuai dengan standar dan hasil penelitian bisa dipertanggungjawabkan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian sepak bola , pengertian ilmu ekonomi , pengertian ilmu , pengertian populasi , pengertian akhlak , pengertian sel , pengertian analisis , pengertian bangsa , pengertian produksi , pengertian intranet , pengertian moral

Related Posts