Pengertian Produksi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Proses produksi selalu kita lakukan setiap hari. Berbagai macam barang bisa diproduksi oleh manusia, baik itu untuk memenuhi kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Tak ada yang bisa membatasi kemampuan manusia dalam memproduksi sesuatu. Dalam kegiatan produksi, peran ilmu ekonomi tak bisa dihindari. Itu sebabnya kebanyakan ilmu mengenai produksi tercipta dari prinsip-prinsip ekonomi. Namun, tak sedikit pengertian produksi menurut para ahli yang muncul bukan dari ahli ekonomi. Hal itu karena istilah produksi telah berkembang dan mencakup banyak ilmu. Bahkan dalam dunia seni dan pendidikan pun juga terdapat proses produksi.

                Istilah produksi berasal dari bahasa Inggris to produce yang bermakna menghasilkan sesuatu. Secara lebih lengkap, produksi adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang atau badan (organisasi) untuk  menghasilkan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa. Individu atau kelompok yang melakukan proses produksi disebut dengan istilah produsen, sedangkan barang atau jasa yang dihasilkan dari proses produksi disebut dengan produk. Saat ini, produk dari proses produksi tak hanya terbatas pada barang saja, produk berupa jasa sudah mulai marak tersebar di pasaran dan banyak disukai oleh konsumen.

8

                Sebelum membahas mengenai pengertian produksi menurut para ahli, kita maknai terlebih dahulu sesuai dengan bidang ekonomi. Mengapa dari segi ekonomi? Karena semua kegiatan ekonomi selalu berpangkal dari proses produksi. Semua kegiatan di bidang ekonomi tak akan bisa berjalan sebagaimana mestinya bila tidak ada proses produksi yang sedang berlangsung. Dalam bidang ekonomi, produksi dimaknai sebagai kegiatan menghasilkan barang atau jasa yang sifatnya menambah nilai atau kegunaan yang sudah dimiliki menjadi lebih tinggi. Maksudnya, barang atau jasa yang telah melewati proses produksi akan memiliki nilai guna, rasa, dan estetika yang lebih baik bila dibandingkan dengan bahan mentah sebelum diolah (diproduksi). Kita ambil contoh sebuah kain perca, bila kita memproduksinya menjadi sebuah keset atau tempat tisu, tentunya barang tersebut bisa dijual dengan harga yang lebih mahal daripada dibiarkan menjadi kain perca yang tidak menarik.

                Berikut ini adalah pengertian produksi menurut para ahli. Definisi-definisi tersebut bisa membuat kita lebih memahami mengenai produksi.

  • Menurut Magfuri, produksi adalah engubah barang agar mempunyai kegunaan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
  • Menurut Bambang Prishardoyo, produksi adalah kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan menghasilkan barang atau meningkatkan nilai guna suatu barang dan jasa.
  • Menurut Ace Partadireja, produksi adalah menghasilkan barang dan jasa dan tahapan-tahapannya dinamakan dengan proses produksi karena proses produksi mempunyai landasan teknis yang dalam teori ekonomi disebut dengan fungsi produksi.
  • Menurut Imamul Arifin, produksi adalah hasil akhir dari proses kegiatan produksi atau aktivitas ekonomi dengan memanfaatkan beberapa faktor produksi.

                Dari pengertian produksi menurut para ahli di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa produksi merupakan segala macam kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan, menambah, mempertinggi nilai barang atau jasa agar lebih layak diberikan kepada khalayak (konsumen). Dengan proses produksi, barang dan jasa bisa dikelola menjadi lebih menarik dan bernilai jual tinggi.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian sepak bola , pengertian ilmu ekonomi , pengertian ilmu , pengertian populasi , pengertian akhlak , pengertian sel , pengertian analisis , pengertian bangsa , pengertian produksi , pengertian intranet , pengertian moral

Related Posts