Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Kita sering sekali mendnegar istilah ilmu adalah penerang dunia dengan buku sebagai jendelanya. Kaitan ilmu dengan buku memang tidak bisa dipisahkan. Meskipun saat ini ilmu bisa didapat tidak hanya dari buku, tetapi buku tetap menjadi favorit banyak orang. Sebelum melangkah lebih jauh mengenai ilmu, sudah pahamkah Anda dengan definisi ilmu? Termasuk pula apakah pengertian ilmu menurut para ahli? Mengartikan istilah ilmu memang tidak bisa singkat. Ilmu sangat luas dan cakupannya sangat banyak. Luasnya pengertian ilmu memang berhubungan dengan semakin berkembangnya segala hal di dunia ini. Karena ilmu merupakan hal yang sangat penting, maka manusia selalu berusaha untuk mencapai atau memahaminya. Sebuah peribahasa pernah berkata bahwa hidup tanpa ilmu bagaikan kegelapan abadi tanpa penerang.

                Segala ungkapan dan peribahasa di atas memang sangat tepat bila kita membahas mengenai ilmu. Selalu mencari dan memperdalam ilmu sangatlah perlu untuk dilakukan, tak hanya bagi seseorang yang berpendidikan karena ilmu tak hanya terbatas pada dunia pendidikan saja. Keberadaan pengertian ilmu menurut para ahli juga perlu untuk dipelajari. Pengertian pakar ini pun terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Secara umum, ilmu bisa diartikan sebagai usaha manusia untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pengetahuan nyata dan konkret dari berbagai segi atau bidang. Ilmu yang dipelajari oleh manusia haruslah konkret agar bisa menunjukkan kepastian dan kebenarannya.

2

                Selain pengertian secara umum di atas, berikut ini adalah definisi yang dikemukakan oleh para pakar di berbagai bidang. Pengertian ilmu menurut para ahli dipaparkan sesuai dengan bisang yang digeluti oleh penuturnya.

  • Menurut Maurice Bucaille, ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala hal, baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar.
  • Menurut  Minto Rahayu, ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum.
  • Menurut  M. Izuddin Taufiq, ilmu adalah penelusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian dan eksperimen, dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal usulnya.
  • Menurut  Popper, ilmu adalah tetap dalam keseluruhan dan hanya mungkin direorganisasi.
  • Menurut Gade, ilmu adalah falsafah yaitu hasil pemikiran tentang batas-batas kemungkinan pengetahuan manusia.
  • Menurut  Charles Singer, ilmu adalah suatu proses yang membuat pengetahuan.
  • Menurut  Thomas Kuhn, ilmu adalah himpunan aktivitas yang menghasilkan banyak penemuan, bail dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya.
  • Menurut  Poespoprodjo, ilmu adalah proses perbaikan diri secara bersinambungan yang meliputi perkembangan teori dan uji empiris.
  • Menurut  Asmadi, ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah).
  • Menurut  Francis Bacon, ilmu adalah satu-satunya pengetahuan yang valid dan hanya fakta-fakta yang dapat menjadi objek pengetahuan.

                Berdasarkan pengertian ilmu menurut para ahli di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa ilmu disebut juga dengan pengetahuan. Ilmu atau pengetahuan adalah proses mencari hal baru yang bisa diselidiki, dicari, dan ditemukan kebenarannya. Secara tidak sadar, dalam proses mencari ilmu tersebut terkadang kita bisa mendaoatkan ilmu lainnya yang tidak kita rencanakan. Itulah sebabnya ilmu selalu berguna, berkembang, dan berada di mana pun dan kapan pun.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian sepak bola , pengertian ilmu ekonomi , pengertian ilmu , pengertian populasi , pengertian akhlak , pengertian sel , pengertian analisis , pengertian bangsa , pengertian produksi , pengertian intranet , pengertian moral

Related Posts