Pengertian Moral Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Moral kadang disamakan dengan budi pekerti. Keduanya memang kerap disamakan, bahkan dalam penggunaannya di dalam kalimat. Namun, moral memiliki makna yang berbeda dengan budi pekerti. Apa pengertian moral? Termasuk pengertian moral menurut para ahli. Kata moral sebenarnya berasal dari bahasa Latin mores yang bermakna adat kebiasaan atau suatu cara hidup. Secara eksplisit, moral merupakan berbagai hal yang berhubungan dengan proses sosialisasi. Tanpa adanya moral, manusia akan bertingkah seenaknya tanpa aturan dan pastinya merugikan banyak pihak, termasuk dirinya sendiri. Namun kenyataannya sekarang banyak sekali manusia yang tidak memiliki moral. Hal tersebut bisa tercermin dari tingkah laku manusia yang semakin hari semakin menjadi tidak baik. Kasus perampokan, penculikan, pembunuhan, pembantaian, dan pemerkosaan terjadi dimana-mana.

                Pengertian moral menurut para ahli sangatlah luas. Sesungguhnya moral bisa dikatakan sebagai sifat dasar manusia yang telah melekat sejak lahir, tetapi sifat tersebut bisa berubah mengikuti lingkungan tempat tinggalnya. Lingkungan bukan satu-satunya hal yang membentuk moral manusia, didikan dari orang atua dan sekolah juga bisa mempengaruhi terbentuknya moral seseorang. Moral adalah nilai keabsolutan dalam kehidupan masyarakat secara utuh. Memberikan penilaian terhadap moral bisa diukur dari kebudayaan masyarakat setempat. Kebudayaan juga memiliki peranan untuk menilai apakah tindakan, perkataan, atau sifat seseorang itu termasuk bermoral atau tidak? Setiap wilayah memiliki batasan yang berbeda mengenai hal tersebut.

10

                Berikut ini adalah pengertian moral menurut para ahli. Pengertian ini tentunya dipandang dari berbagai sudut yang bisa menjadikannya sedikit berbeda antara satu dengan yang lain.

  • Menurut Zainuddin Saifullah Nainggolan, moral adalah suatu tendensi rohani untuk melakukan seperangkat standar dan norma yang mengatur perilaku seseorang dan masyarakat.
  • Menurut Hurlock, moral adalah tata cara, kebiasaan, dan adat peraturan perilaku yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya.
  • Menurut Gunarsa, moral adalah suatu rangkaian nilai dari berbagai macam perilaku yang wajib dipatuhi.
  • Menurut Wantah, moral adalah sesuatu yang berkaitan atau berhubungan dengan kemampuan menentukan benar atau salah, baik atau buruknya tingkah laku.
  • Menurut Sonny Keraf, moral menjadi tolok ukur yang dipakai masyarakat untuk menentukan baik buruknya tindakan manusia sebagai manusia, mungkin sebagai anggota masyarakat atau sebagai orang dengan jabatan tertentu atau profesi tertentu.
  • Menurut Shaffer, moral adalah kaidah norma dan pranata yang mampu mengatur perilaku individu dalam menjalani suatu hubungan dengan masyarakat.
  • Menurut Imam Sukardi, moral adalah suatu kebaikan yang disesuaikan dengan ukuran – ukuran tindakan yang diterima oleh umum, meliputi kesatuan sosial atau lingkungan tertentu.
  • Menurut Chaplin, moral mengacu pada akhlak yang sesuai dengan peraturan sosial, menyangkut hukum, atau adat kebiasaan yang mengatur tingkah laku.
  • Menurut Russel Swanburg, moral adalah pernyataan pikiran yang berhubungan dengan semangat atau keantusiasan seseorang dalam bekerja.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa moral adalah ukuran kebaikan, kebenaran, ketaatan terhadap aturan dan adat istiadat yang berlaku di masyarakat dengan kesepakatan sosial yang bisa dijadikan dasar pemikiran dan tindakan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian moral , pengertian kepemimpinan , pengertian saham , pengertian islam , pengertian www , pengertian cinta , pengertian blog , pengertian pengetahuan , pengertian laporan , pengertian browser , pengertian olahraga

 

Related Posts