Pengertian Laporan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Laporan menjadi hal wajib bagi seseorang atau organisasi setelah melakukan sebuah kegiatan, penelitian, pengamatan, dan aktivitas lainnya. Laporan dibuat setelah semua aktivitas tersebut selesai dilakukan. Laporan yang baik harus memberikan ulasan-ulasan yang sesuai dengan kejadian nyata, jujur, dan tidak mengada-ada. Pengertian laporan menurut para ahli tentunya beragam. Hal ini karena cakupan laporan sangatlah luas. Laporan bisa dibagi berdasarkan jenis kegiatannya, waktu pembuatannya, aspek yang mendasari pembuatannya, dan lain sebagainya. Laporan selalu ada di setiap pekerjaan, bahkan dalam dunia pendidikan pun pelajar dituntut untuk mahir membuat laporan belajar mereka sehari-hari.

                Keberadaan laporan sangat bermanfaat bagi kelanjutan sebuah kegiatan atau organisasi. Kita bisa mempelajari kesalahan yang pernah terjadi dari laporan yang dibuat. Laporan sering digunakan untuk menampilkan hasil dari suatu eksperimen, investigasi, atau penyelidikan. Laporan bisa digunakan dalam pemerintahan, bisnis, pendidikan, ilmu pengetahuan, dan bidang lainnya. Salah satu format yang paling umum untuk menyajikan laporan, yakni pendahuluan, metode, hasil, dan diskusi.  Laporan tidak diharuskan untuk mengikuti pola ini, dan mungkin menggunakan pola alternatif seperti masalah dan solusi.

8

                Laporan bisa diartikan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas suatu tindakan atau kegiatan yang telah dilakukan. Berikut ini adalah pengertian laporan menurut para ahli.

  • Menurut Alawiyah, laporan adalah informasi dari seorang petugas atau pejabat kepada petugas atau pejabat lain dalam suatu sistem administrasi.
  • Menurut Mulyadi, laporan adalah keluaran sistem informasi akuntansu yang berbentuk hasil cetak komputer dan tayangan pada layar monitor komputer.
  • Menurut Keraf, laporan adalah salah satu cara komunikasi dimana penulis bisa menyampaikan informasi kepada orang lain atau organisasi karena tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.
  • Menurut Indah, laporan adalah karangan yang berisikan paparan peristiwa atau kegiatan yang telah dilakukan.
  • Menurut Rama dan Jones, laporan adalah presentasi data yang telah terformat san terorganisasi dengan baik.
  • Menurut Soegito, laporan adalah informasi yang didukung oleh data-data yang lengkap dan sesuai dengan fakta yang terjadi. Data harus disusun sedemikian rupa sehingga bisa dipercaya dan mudah untuk dipahami.

                Sebuah laporan yang baik harus memenuhi syarat utamanya. Ada empat syarat utama laporan, yakni ditulis dalam bahasa yang baik dan jelas, didasarkan fakta yang benar dan meyakinkan, disajikan secara lengkap, dan menarik serta enak dibaca. Adapun tujuan pembuatan laporan adalah sebagai berikut.

  • Bisa lebih mengenali masalah
  • Memberikan maklumat dan fakta
  • Memberikan saran penyelesaian suatu masalah
  • Memberikan saran tindakan yang perlu dilakukan
  • Membuat kesimpulan atas kegiatan yang telah dilakukan
  • Menilai suatu penyelidikan atau aktivitas
  • Membuat rekaman sesuatu peristiwa
  • Menganalisis aktivitas perniagaan
  • Menguraikan sesuatu peristiwa, prosedur, tindakan dll.

                Selain Pengertian laporan menurut para ahli kita juga bisa mempelajari syarat-syarat dalam menyusun laporan. Pertama, seseorang harus memiliki pengetahuan tentang hal yang akan dilaporkan. Kedua, memiliki sifat tekun dan teliti. Ketiga, harus bersikap objektif dalam melaporkan. Keempat, mampu mengatur fakta secara sistematis. Dan yang kelima, mengerti laporan seperti apa yang dibutuhkan oleh pembaca. Syarat-syarat tersebut harus dimiliki oleh orang yang akan menyusun laporan.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian moral , pengertian kepemimpinan , pengertian saham , pengertian islam , pengertian www , pengertian cinta , pengertian blog , pengertian pengetahuan , pengertian laporan , pengertian browser , pengertian olahraga

Related Posts