Pengertian Alquran Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Alquran adalah kitab suci utama bagi umat muslim. Seluruh pengikut agama Islam diwajibkan untuk mampu membaca, memahami, menghayati, dan juga mengamalkan segala ajaran yang ada di dalam Alquran. Sebagai hukum dasar tertinggi dalam agama Islam, Alquran memang telah dipelajari mulai dari anak-anak. Saat ini telah banyak taman-taman pendidikan Alquran yang mengajarkan mengenai Alquran, mulai dari cara membacanya, menerjemahkannya, memahaminya, dan sebagainya bagi anak usia dini. Hal ini jelas menjadi bekal yang sangat baik bagi pengetahuan religi anak. Dalam pembelajaran tersebut, terdapat pula pembelajaran mengenai pengertian Alquran menurut para ahli. Memang membekali anak dengan pengetahuan agama sangat diperlukan agar mereka bisa memilih mana yang baik dan yang tidak baik bila dilihat dari sisi keagamaannya.

                Pengertian Alquran sangatlah luas dan beragam. Secara bahasa atau etimologi, Alquran bisa diartikan sebagai bacaan dan membacanya merupakan suatu ibadah. Sedangkan secara terminologi atau istilah, Alquran dimaknai sebagai kalm Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat yang disampaikan melalui perantara malaikat Jibril. Dalam pengertian tersebut bisa diketahui bahwa Alquran bukan berasal dari perkataan manusia, jin, atau makhluk lainnya. Alquran langsung diturunkan sesuai dengan firman Allah SWT untuk Nabi Muhammad SAW yang nantinya diamalkan dan disebarkan kepada umatnya.

3

                Untuk lebih memahami dan menghayati mengenai Alquran, berikut ini ada beberapa pengertian Alquran menurut para ahli. Definisi-definisi berikut disampaikan oleh para pakar filsuf agama Islam.

  • Menurut DR. Miftah Faridl, Alquran adalah mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW yang keindahan dan gaya bahasanya tak ada tandingannya.
  • Menurut Muhammad Abdul Azim Az-Zarqani, Alquran adalah kitab mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang ditulis dalam mushaf dan disampaikan secara mutawatir.
  • Menurut Syekh Muhammad Khudri Beik, Alquran adalah firman Allah SWT berbahasa Arab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk dipahami dan disampaikan isinya kepada umat secara mutawatir, yakni ditulis dalam mushaf yang dimulai dengan Surat Al-Fatihah hingga Surat An-Naas.
  • Menurut Dr. Subhi As-Salih, Alquran adalah kalam Allah SWT berupa mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW ditulis dalam mushaf dan diriwayatkan dengan mutawatir, membaca-nya adalah suatu ibadah.
  • Menurut Ali Ash-Shabuni, Alquran adalah firman Allah SWT tak ada tandingannya yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai penutup para nabi dan rasul dengan perantara malaikat Jibril AS, situlis dalam mushaf dan disampaikan kepada umatnya secara mutawatir.
  • Menurut Syekh Muhammad Abduh, Alquran adalah bacaan yang telah ditulis dalam mushaf yang terjaga dalam hafalan-hafalan umat Islam.

                Dalam pengertian Alquran menurut para ahli di atas, kita juga bisa mengetahui cara Allah SWT menurunkan Alquran kepada Nabi Muhammad SAW. Cara-cara tersebut adalah (1) bermimpi baik ketika beliau tertidur, (2) dibawa oleh malaikat Jibril dengan menyerupai bentuk laki-laki, (3) malaikat Jibril menampakkan diri dengan bentuk asli, (4) melalui bunyi genta, (5) diturunkan langsung oleh Allah SWt tanpa perantara, dan (6) diterima di atas langit ketujuh langsung dari Allah SWT. Keenam cara tersebut dilalui oleh Nabi Muhammad SAW dalam menerima wahyu berupa Alquran. Dari cara-cara tersebut, yang dirasakan cukup berat adalah melalui bunyi genta.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian mahasiswa , pengertian mailing list , pengertian orde baru , pengertian alquran , pengertian monitor , pengertian perangkat lunak , pengertian web server , pengertian hak cipta , pengertian seni budaya , pengertian administrasi perkantoran , pengertian deposito

Related Posts