Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Menjadi seorang mahasiswa merupakan kebanggaan tersendiri bagi orang-orang yang menyandangnya. Hal tersebut karena mahasiswa dianggap sebagai seseorang yang memiliki tingkat intelektualitas tinggi, dewasa, mandiri, dan bisa diajak untuk melakukan segala kegiatan yang berhubungan dengan kemanusiaan. Terlebih lagi mahasiswa dianggap lebih bisa bertanggung jawab terhadap dirinya dibandingkan dulu saat menjadi siswa. Konsep mahasiswa sebagai penerus bangsa yang seperti itu memang telah tertanam di benak masyarakat. Bahkan, masyarakat daerah pedesaan selalu membangga-banggakan mahasiswa karena dianggap bisa segala-galanya. Benarkah mahasiswa memang diartikan demikian? Seperti itu pulakah pengertian mahasiswa menurut para ahli?

                Secara sederhana, mahasiswa bisa diartikan sebagai seseorang yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi, baik di universitas, institut, atau akademi. Siapapun yang terdaftar sebagai siswa di perguruan tinggi dapat disebut sebagai mahasiswa. Namun kenyataannya, pengertian mahasiswa yang paling mendasar lebih luas cakupannya daripada hanya sekadar seorang siswa dalam perguruan tinggi. Hal tersebut karena keberadaan mahasiswa di sebuah perguruan tinggi hanyalah salah satu syarat sdministratif yang harus dipenuhi oleh semua mahasiswa, tetapi keberadaan mahasiswa memiliki makna dan fungsi yang lebih besar dari itu. Mahasiswa memang sulit diartikan secara istilah, tetapi banyak orang yang mengatakan bahwa mahasiswa merupakan agen pembangunan dan pembawa perubahan bagi bangsa dan negara.

9

                Untuk mencoba menjelaskan makna mahasiswa mungkin bisa diperhatikan definisi dari beberapa pakar. Berikut ini adalah beberapa pengertian mahasiswa menurut para ahli .

  • Menurut PP RI No. 30 Tahun 1990, mahasiswa diartikan sebagai peserta didik yang terdaftar dan menuntut ilmu di perguruan tinggi tertentu.
  • Menurut Sarwono, mahasiswa adalah seseorang yang secara resmi terdaftar untuk mengikuti kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi dengan batas usia 18 – 30 tahun.
  • Menurut Knopfemacher, mahasiswa adalah insan calon sarjana dalam keterlibatannya dengan perguruan tinggi, mereka dididik dan diharapkan menjadi seorang calon intelektual.

                Dari pengertian di atas bisa didefinisikan bahwa mahasiswa adalah suatu kelompok masyarakat yang mendapatkan status karena terikat dengan perguruan tinggi tempatnya menuntut ilmu hingga ia dianggap sebagai calon intelektual dan calon sarjana. Mahasiswa memang memegang peranan penting dalam masyarakat karena keberadaannya bisa membantu masyarakat dalam berbagai bidang. Biasanya mahasiswa bisa diandalkan dalam hal penanggulangan bencana, kemasyarakatan, kesehatan, dan sebagainya. Namun, tak sedikit pula mahasiswa dipandang sebelah mata oleh masyarakat karena keberadaannya hanya bisa menyebabkan kerusuhan dengan mengadakan demo-demo yang mengganggu kenyamanan masyarakat. Hal itulah yang membuat makna mahasiswa menjadi sedikit bergeser ke arah yang tidak baik.

                Pengertian mahasiswa menurut para ahli memberikan beberapa hal yang bisa dijelaskan lebih lanjut mengenai mahasiswa. Ada label-label yang dilekatkan dalam diri seorang mahasiswa, yakni direct of change (melakukan perubahan secara langsung karena SDM yang dimilikinya), agent of change (melakukan suatu perubahan di masyarakat), iron stock (sumber daya manusia dari mahasiswa tidak pernah habis), moral force (kumpulan orang dengan moral yang baik), dan social control (pengontrol kehidupan sosial yang dilakukan oleh masyarakat). Kelima hal tersebut yang diberikan oleh masyarakat kepada mahasiswa perlu dijaga dan diamalkan dengan baik.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian mahasiswa , pengertian mailing list , pengertian orde baru , pengertian alquran , pengertian monitor , pengertian perangkat lunak , pengertian web server , pengertian hak cipta , pengertian seni budaya , pengertian administrasi perkantoran , pengertian deposito

 

Related Posts