Manfaat Bekam bagi Kesehatan

 Kesehatan

Bekam adalah salah satu pengobatan tradisional yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Saat ini pengobatan dengan metode bekam sudah sangat popular dilakukan oleh masyarakat. Terapi semacam ini digemari karena tidak mengharuskan pasien mengonsumsi sejumlah obat-obatan dan tanpa pula dilakukan tindakan penyuntikan atau bahkan operasi. Manfaat bekam bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Bila kita rutin melakukan pengobatan bekam, kotoran dan racun yang ada di dalam aliran darah akan dikeluarkan lewat sistem bekam tersebut. Secara umum, metode pengobatan bekam ini mengadopsi metode kop kecil untuk mengeluarkan toksi-toksin yang ada di dalam tubuh.

Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan bagi kesehatan tubuh dengan terapi bekam ini. Penyakit yang bisa disembuhkan dengan terapi pengobatan bekam adalah pegal-pegal, reumatik, meriang, jantung, radang ginjal, stroke, hipertensi, dan berbagai penyakit lainnya. Seiring dengan perkembangan zaman, teknik pengobatan bekam telah mengalami banyak kemajuan, baik dari segi alat hingga penerapan metode pengobatannya. Dengan berbagai macam kemajuan tersebut, manfaat yang bisa didapatkan oleh pasien bekam akan ikut bertambah pula. Bukan tidak mungkin, penyakit-penyakit yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya bisa disembuhkan dengan metode pengobatan bekam ini.

2

Untuk memahami lebih lanjut mengenai metode pengobatan bekam, berikut ini adalah beberapa manfaat bekam bagi kesehatan tubuh.

  • Mengeluarkan darah kotor tubuh beserta toksin atau racun yang ada di dalamnya sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar dari sebelumnya.
  • Merangsang pembentukan sel darah kerah, sel darah putih, menstabilkan kadan keasaman darah, dan membersihkan darah.
  • Memperbaiki fungsi organ tubuh yang mengalami gangguan dengan cara memperbaiki jaringan dan sel tubuh sehingga dapat kembali berfungsi secara sehat.
  • Menambah antibody atau kekebalan tubuh dengan cara memproduksi antibody yang mampu membunuh kuman dan bakteri yang bisa membawa banyak penyakit.

Adapun penyakit-penyakit yang bisa disembuhkan dengan metode pengobatan bekam adalah asam urat, kolesterol, migraine, sakit gigi, vertigo, sinusitis, sembelit, wasir, kencing manis, liver, dan berbagai penyakit ringan hingga berat lainnya. Teknik pengobatan bekam bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit di seluruh bagian tubuh manusia. Pada bagian kepala, bekam bisa dilakukan dengan melakukan kop di sekitar leher untuk mengurangi kram otot, pegal-pegal, insomnia, stress dan mengurangi intensitas sakit kepala. Bekam memberikan manfaat bagi jantung dengan cara menstimulasi sirkulasi darah dan meluaskan pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi lancar.

Manfaat bekam bagi kesehatan tidak hanya sebagai pengobatan, melainkan juga bisa untuk merawat kecantikan wajah. Dengan terapi bekam, zat-zat berbahaya dan darah kotor yang mengendap di bawah kulit seperti memar akan hilang. Kotoran yang ada pada wajah juga akan keluar melalui pori-pori yang terbuka karena aktivitas kelenjar keringat dan kelenjar lemak meningkat. Meski bekam memiliki banyak manfaat, ada beberapa orang tertentu yang tidak boleh melakukakn terapi bekam. Pertama, anak-anak di bawah 3 tahun dan lanjut usia. Kedua, penderita kelainan darah dan kelainan pembuluh darah. Ketiga, penderita diabetes mellitus (kadar gula > 200 mg/dl) dan hipertensi (tensi >180/110mmHg). Keempat, wanita hamil trimester pertama dan wanita yang sedang menstruasi.

Related Posts